Selasa , 6 Desember 2022
Home » Ekonomi » 10 Finalis Lomba Karya Tulis PHR Goes To Campus Ikuti Field Trip ke WK Rokan

10 Finalis Lomba Karya Tulis PHR Goes To Campus Ikuti Field Trip ke WK Rokan

Mahasiswa Finalis lomba tulisan PHR mengikuti kunjungan lokasi sumur minyak

Ragam Riau-Sepuluh mahasiswa finalis lomba karya tulis ajang “PHR Goes To Campus” mengikuti kegiatan kunjungan lapangan (Field Trip) ke Wilayah Kerja Rokan. Para mahasiswa tersebut diajak melihat langsung beberapa fasilitas penunjang ekplorasi minyak PT Pertamina Hulu Rokan.

“Ini masih dalam rangkaian kegiatan ” PHR Goes To Campus” yang berlangsung tujuh perguruan tinggi di Riau sejak bulan Juli lalu,” ujar Ketua Forum Wartawan Migas Riau, Satria Utama.
Sepuluh mahasiswa yang menjadi finalis lomba karya tulis itu adalah; Evlin Juita Sitindaon  (Polbeng Bengkalis), Ruth Maranata Silalahi (Polbeng Bengkalis) , Ainul Umayah (STIE Bangkinang), Angel Sianturi (Unilak), Nurwalidaini (UMRI), Lira Aulia Hakim (UMRI), Berkat Halawa (Unri), Rizka Yani (UIR), M Albiyasin (UIN) dan Ariful Ramadhan (Unri).

Dalam field trip tersebut para mahasiswa diajak mengunjungi laboratorium geologi yang berada di Rumbai. Di sini para mahasiswa mendapat penjelasan dari dua geologist PT PHR, Agus Susianto dan Satia. Para mahasiswa dapat melihat langsung koleksi batuan dan struktur tanah dari seluruh ladang minyak yang dibor, baik pada masa operator lama hingga PHR.
Kunjungan berlanjut ke Digital & Information Center (DICE) yang juga berada di Rumbai.

Di tempat ini, rombongan disambut Sukamto Tamrin, VP Corporate Affairs PT PHR. Sukamto mengajak rombongan melihat Control Room yang merupakan ruangan untuk memantau aktivitas lapangan sehari-hari. DICE ini menurut Sukamto merupakan fasilitas kontrol digital yang pertama di Indonesia.

“Setiap hari kita melihat aktivitas di lapangan dan memantau kondisi di wilayah operasi. Kita dapat langsung melihat jika ada masalah di lapangan, seperti kecelakaan, keruaakan pipa dan sebagainya,” jelas Sukamto.

Usai mendapat informasi mengenai control room, rombongan berangkat ke Minas melihat Sumur No 1 Minas yang merupakan sumur minyak pertama yang sudah menghasilkan lebih dari 4,8 miliar barel. Setelah itu, rombongan bergerak ke Gathering Station 1 yang merupakan stasiun pengumpulan minyak terbesar dari enam sumur minyak yang ada di Minas.

Dari kunjungan lapangan ini, para finalis lomba karya tulis ini akan kembali membuat tulisan untuk penilaian akhir lomba sehingga diperoleh juara 1,2 dan 3. “Para finalis ini akan kita beri waktu tiga hari untuk menyelesaikan tulisan mereka sehingga nantinya akan kita tentukan tiga besar,” ujarnya.(rls/amd)

Baca Juga

UIR Raih Penghargaan Anugerah Kerjasama Dari Diktiristek

Ragam Riau – Melalui Surat Nomor 7532/E1/HM.01.00/2022, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Ditjen Dikti …