Jumat , 5 Maret 2021
Home » Ekonomi » Agar Transparan dan Sistematis, Dosen Fekon Unilak Latif RT/RW Tentang Laporan Keuangan

Agar Transparan dan Sistematis, Dosen Fekon Unilak Latif RT/RW Tentang Laporan Keuangan

Dosen Fekon Unilak beri pelatihan laporan keuangan RT RW di keluran Air Dingin

Ragam Riau – Dosen Fakultas Ekonomi Univeritas Lancang Kuning Pekanbaru, Riau memberikan pelatihan dan sosialiasi tentang tata kelola keuangan RT/RW 10 kelurahan Air Dingin Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru. Kamis, (14/01/2021). Pengabdian Kepada Masyarak(PKM) ini merupakan bentuk peningkatan Tri Darma Perguruan Tinggi serta kontribusi nyata dosen unilak.

Tim dosen yang terlibat yaitu, sebagai ketua Indarti,SE.,.,MM.,Ak.,CA, anggota Ika Berty A.,M.Ak.,Ak.,CA, dan Aljufri, SE.,M.Ak.,Ak.,CA. Pelaksanaan PKM ini dilatar belakangi banyaknya kegiatan yang diselenggarakan oleh RT 04 RW 10 kelurahan Air Dingin. “Sebagai lembaga kemasyarakatan yang memiliki tugas membantu kinerja Pemerintah, tentunya perlu pendanaan demi menunjang operasional di lapangan.” Ujar Indarti, Jumat (15/01/2021)

Disebutkanya program pelatihan pengelolaan keuangan di lingkungan pemerintah terkecil dalam hal ini RT 04  akan lebih difokuskan pada pemahaman atas tata kelola keuangan dan standar pelaporan keuangan sehingga menjadi informasi yang lebih informatif kepada tingkat pemerintahan yang lebih tinggi.

Diceritakan Indarti, sebelum diadakan sosialisasi permasalahan yang di hadapi peserta (RT/RW), belum adanya sosialisasi atau pemberian pengetahuan tentang bagaimana tata kelola keuangan RT/RW; masih rendahnya kemampuan softskill pengurus RT/RW membuat kurang efisiennya dalam pelaksanaan tata kelola keuangan di RT dan pelaporan keuangannya, sehingga akan memberikan dampak negatif terhadap pengelolaan keuangan.

Dijelaskan Indarti, tujuan kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan tentang bagaimana pelaksanaan tata kelola keuangan; meningkatkan peran serta Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning terhadap masyarakat dalam ikut serta mensosialisasikan bagaimana pelaksanaan tata kelola keuangan.

“Ada banyak manfaat bagi RT/RW, pengurus dapat mengimplementasikan tata kelola keuangan dan standar pelaporan keuangan sehingga menumbuhkan sikap disiplin dan komitmen dalam pelaksanaan tata kelola keuangan sehingga dapat dipergunakan lebih bermanfaat.”

Dijabarkanya materi yang di sampikan yaitu terkait dengan laporan neraca. Neraca adalah laporan keuangan yang menyajikan posisi dari keuangan yang dimiliki oleh RT/RW, yaitu berupa aset, utang. Laporan neraca ini kemudian dibagi menjadi dua, yaitu aktiva lancar dan aktiva tetap.  ” Aktiva adalah kekayaan, baik yang berupa uang maupun benda lain yang dapat dinilai dengan uang. Dan jenis-Jenis aktiva ada aktiva lancar, aktiva modal, aktiva tak berwujud, aktiva tetap. Untuk tingkat RT/RW ada aktiva lancar dan aktiva tetap, piutang, persedian barang dan kas.

Dijabarkan Indarti dalam laporan arus kas harus tercantum seluruh laporan keuangan, mulai dari saldo, pemasukan, dan pengeluaran yang terjadi selama kurun satu periode. ” Semua kegiatan keuangan RT/RW selama satu periode tersebut dijelaskan secara rinci sehingga tampak transparan.”.

Indarti menyarankan setiap kegiatan ada laporan dokumentasi, misalnya, daftar pemberi bantuan, buku uang kas, daftar persediaan barang yang dimiliki lembaga RT/RW, bahkan jika ada, daftar pinjaman dan simpanan warga. ” kita bersyukur RT/RW merespon kegiatan ini sangat baik, dan mereka senang dengan adanya kegiatan yang kami adakan. ” (rls)

Baca Juga

Wartawan TV One Biro Riau Ikut Vaksin Massal

Ragam Riau-Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar meninjau pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19 Provinsi Riau terhadap pejabat publik …