Minggu , 16 Juni 2024
Home » Ekonomi » 275 Mahasiswa Diwisuda, Ini Asa Pemprov Riau Pada UP Tuangku Tambusai

275 Mahasiswa Diwisuda, Ini Asa Pemprov Riau Pada UP Tuangku Tambusai

Ragam Riau—-Sebanyak 275 mahasiswa Universitas Pahlawan (UP) Tuanku Tambusai dari 4 fakultas mengikuti seremonial wisuda, dalam rangka wisuda diploma, sarjana, dan diesnatalis V yang berlangsung di SKA Co Ex Pekanbaru, Sabtu (15/01/2022).

Ada asa dari Pemerintah Provinsi Riau yang disampaikan Asisten III Setdaprov Riau Joni Irwan, yakni Pemprov Riau menaruh harapan besar kepada Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai untuk meningkatkan dan mengembangkan program pendidikan dengan menciptakan lulusan-lulusan yang berintektualitas tinggi, berkarakter dan mampu bersaing secara global, kreatif dan inovatif.

“Kita harapkan, nantinya lulusan dapat menjadi pelopor bagi suksesnya pembangunan di Provinsi Riau di masa akan datang,” kata Joni saat menghadiri sidang senat terbuka sampena dies natalis ke V Universitas Pahlawan (UP) Tuanku Tambusai Riau yang berlangsung di SKA Co Ex Pekanbaru

Tak hanya itu, para lulusan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai ini juga dapat membantu pemerintah dalam berbagai profesi yang ada di semua lini pekerjaan.

“Kami harap adik-adik semua dapat ikut serta dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dan bisa bekerja di suatu instansi baik yang ada di Provinsi Riau maupun di luar Provinsi Riau bahkan di luar negeri,” harap Joni.

Pesan Joni, pengalaman dan amalkan ilmu yang sudah diperoleh bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara ini. “Berikanlah yang terbaik yang anda miliki keberhasilan Anda di tengah-tengah masyarakat merupakan Barometer kesejahteraan yang sejati,” pesannya.

Selain itu, Joni juga mengungkapkan, akan ada konsekuensi yang tidak bisa dihindari jika tidak mampu memanfaatkan teknologi yang ada saat ini dengan baik. Sebab, kemampuan teknologi di perkuliahan membuka kesuksesan di masa mendatang bila dimanfaatkan dengan sebaik.

Rektor Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Prof Dr Amir Luthfi merincikan, 275 wisudawan dan wisudawati itu dari 4 fakultas yaitu, fakultas ilmu pendidikan, fakultas ilmu kesehatan, fakultas teknik dan fakultas hukum. “Wisuda ini adalah wisuda V tahap kedua, untuk wisuda tahap pertama telah dilakukan pada tanggal 6 November 2021 sebanyak 517 wisudawan,” katanya.

Sebagai informasi, terdapat 4 wisudawan yang meraih predikat tertinggi dari masing masing fakultas yang meraih prediket cumlaude adalah, Yola Ayustina Putri dengan IPK 3,68 dari Fakultas Ilmu Kesehatan, Azizah Oktavian dengan IPK 3,91 dari Fakultas Ilmu Pendidikan. Selanjutnya ada Bari Dewanda Putra dengan IPK 3,90 dari Fakultas Teknik dan Wida Fahira dengan IPK 3,64 dari Fakultas Hukum.

“Selamat dan semoga prestasi ini dapat membantu saudara meraih sukses yang lebih dibilang lagi pada masa yang akan datang,” ucap Amir.

Pada saat ini kampus tersebut, sudah meluluskan sebanyak 6.062 sarjana dari berbagai program studi dan fakultas yang ada di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Di bulan Maret tahun 2021 lalu, Universitas Pahlawan telah memperoleh pengakuan sebagai institusi dengan akreditasi baik sekali oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

“Kita bersyukur karena baru kali pertama kita mengajukan akreditasi yang mana langsung mendapatkan akreditasi baik sekali, saya harap untuk 5 tahun akan datang dapat kita tingkatkan dengan predikat yang lebih baik lagi,” ujar Amir.

Konsep pengajaran belajar menjadi arah kebijakan bagi UP untuk menciptakan lulusan yang berkualitas dan berorientasi kewirausahaan.

Salah satu cara untuk mencapai hal itu, kata Amir, pihaknya harus melakukan penguatan secara institusional melalui jejaring dan kerjasama dalam maupun luar negeri.

Harapan Amir, mahasiswa yang telah menjadi alumsi mampu mengamalkan ilmu yang telah dipelajari sesuai dengan profesi secara masing-masing dan secara lebih bertanggung jawab dan berkualitas.

“Peran dan karir dari kalian semua tentu diharapkan lebih gemilang dan dapat meningkatkan pendidikannya lebih baik lagi dimasa yang akan datang,” ujar Amir.

Baca Juga

Muhaimin Iskandar isi Kuliah Kebangsaan di Umri

Ragamriau.com – Dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, ribuan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau …