Kamis , 23 Mei 2024
Home » Ekonomi » 60 Sekolah di Riau Ikuti LKBB Piala Bergilir Danrem 031 WB – Rektor Unilak, Ini Alasannya

60 Sekolah di Riau Ikuti LKBB Piala Bergilir Danrem 031 WB – Rektor Unilak, Ini Alasannya

Ragam Riau—Sebanyak 60 sekolah SMA, SMK negeri dan swasta di Riau mengikuti Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBB). Kegiatan ini memperebutkan piala Danrem 031 Wirama Bima-Rektor Unilak, Selasa (25/10/2022).

LKBB berlangsung selama tiga hari 25-27 Januari 2022. Diikuti oleh sekolah SMK, SMA, dan swasta di Pekanbaru dan kabupaten/kota di Riau. Dibuka oleh Danrem 031/WB Brigjen TNI, M Syech Ismed.

Pelaksanaan pembukaan ditandai dengan upacara yang dihadiri oleh Gubernur Riau, Syamsuar, Kapolda Riau yang diwakili oleh Dirlantas Polda Riau, Kombes Pol Firman, dan sejumlah Forkopimda.

Saat upacara pembukaan Danrem dalam pidatonya mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada para peserta lomba yang hadir dan berpartisipasi dalam LKBB memperebutkan piala bergilir Danrem 031 Wira Bima-Unilak.

Kegiatan lomba keterampilan siswa SMA – SMK sederajat Provinsi Riau merupakan kerjasama Universitas Lancang Kuning dengan Korem 031 Wira Bima. Kegiatan ini rutin diselenggarakan setiap 1 tahun sekali. Namun, dikarenakan di dalam 2 tahun  menghadapi pandemi COVID-19 kegiatan ini baru diselenggarakan di awal Tahun 2022.

Dikatakan Danrem, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap jasmani yang tegap, tangkas, rasa persatuan, dan dapat mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingan individu. Kemudian, mampu  menanamkan semangat kepemimpinan, kekompakan dalam diri pribadi generasi muda khususnya siswa siswi SMA SMK se-provinsi Riau.

“Ini mengandung makna yang cukup banyak mulai dari kita disiplin kita patuh dan taat kepada aba-aba, adik-adik siswa dapat menjadi pemimpin bangsa yang beretika berdisiplin dan bertanggung jawab,” ujar Danrem.

Brigjen Ismed juga meminta peserta agar bisa mengikuti perlombaan ini dengan penuh semangat sebagai wujud cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Sebagai generasi muda penerus bangsa harus memiliki karya yang lebih mulia dan komitmen yang kuat. Untuk melanjutkan mengamalkan tradisi nilai-nilai perjuangan para pendahulu kita terus belajar dan bekerja keras,” tandasnya.

Sementara itu, Rektor Unilak Dr Junaidi mengatakan, kegiatan lomba PBB ini merupakan bagian dari komitmen Unilak untuk mendukung peningkatan keterampilan generasi muda di Riau sebagai calon pemimpin masa depan bangsa.

“Generasi muda di tingkat SMA, harus ditumbuhkan semangat kedisiplinan, kekompakan, semangat juang, kekompakan, dan kebersamaan, dari kegiatan ini tumbuh nilai nilai positif bagi peserta yang nantinya akan berguna ketika telah menjadi pemimpin pemimpin bangsa,” ujarnya.

Pelaksanaan lomba ini sangat antusias diikuti oleh sekolah sekolah di Riau dan melebihi dari target peserta, bahkan beberapa sekolah di Riau tetap ingin ikut mesti waktu pendaftaran telah di tutup.

“Ada 60 tim, bahkan beberapa sekolah mengirimkan dua tim. Sekolah tidak hanya berasal dari Pekanbaru, juga ada dari Rohul, Kampar, Siak, Bengkalis, dan Pelalawan. Pelaksanaan berlangsung selama tiga hari,” ujar Dr Junaidi.

Di sebutkan Dr Junaidi, Unilak bersama Danrem menyediakan hadiah berupa piala bergilir, piagam dan uang tunai bagi para pemenang. Kegiatan ini akan berlangsung tiap tahun, dan tahun ini pelaksanaan tetap dengan protokol kesehatan, peserta sudah divaksin.

Baca Juga

Muhaimin Iskandar isi Kuliah Kebangsaan di Umri

Ragamriau.com – Dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, ribuan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau …