Senin , 22 April 2024
Home » Ekonomi » Bangun Karakter Enterpreneur, Dosen Unilak Pengabdian di SMK Perpajakan Riau

Bangun Karakter Enterpreneur, Dosen Unilak Pengabdian di SMK Perpajakan Riau

Dosen Fekon Unilak Pengabdian di SMK Perpajakan Riau

Ragam Riau–Untuk memberikan pentingnya karakter enterpreneur sejak di bangku sekolah khususnya SMK, Tim Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning Pekanbaru melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat di SMK Perpajakan Riau. Selasa, 5/12/2022.

Tim dosen Fekon yang turut serta yaitu Reni Farwitawati, SE, M.Ak, Souvya Fitrhire dan Masirun, SE, M.Si. Kegiatan dilakukan di aula SMK Perpajakan diikuti oleh 38 orang siswa kelas 12 jurusan akuntansi, dibuka oleh Septi Suarmita, S.Pd selaku guru mata pelajaran akuntansi.

” Kami menyambut baik adanya kegiatan pengabdian ini, adanya kegiatan ini diharapkan banyak lulusan SMK Perpajakan yang berorientasi mencari kerja setelah lulus sekolah menjadi pembuka lapangan kerja dengan menjadi wirausaha (entrepreneur) yang handal.” ujar Septi Suarmita.

Dikatakanya lagi, kedepannya diharapkan terbentuk karakter entrepreneur bagi siswa SMK Perpajakan Riau dan kegiatan ini juga menjadi jembatan untuk terjalinnya kerjasama antara pihak sekolah dan Universitas Lancang Kuning khususnya Fakultas Ekonomi (ketua tim PKM).

Menurut salah satu dosen Reni Farwitawati berdasarkan dari informasi, Siswa SMK masih perlu diberikan pendampingan terkait kewirausahaan. ” Lulusan SMK yang siap terjun dimasyarakat, secara riil perlu diadakan pendampingan terkait mindset kewirausahaan. Bahkan beberapa waktu lalu sempat tidak ada siswanya yang melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi, sehingga perlu ada sentuhan baru agar siswa-siswa yang tidak melanjutkan pendidikannya keperguruan tinggi dapat membuka peluang kerja untuk diri sendiri.”

Dijelaskan Reni padahal jika lebih dimaknai dengan cermat bahwa sebenarnya pendidikan saat ini telah berkembang untuk membentuk karakter hebat bagi seorang wirausaha. Wirausaha adalah karakter unggul dengan kreativitas, kemampuan berinovasi, mendapatkan peluang dari kondisi yang penuh dengan ambiguitas, kemampuan mendalami resiko yang berimbang. Oleh karena itu ini merupakan karakter.

“Maknanya adalah, bahwa pendidikan kewirausahaan meski lebih ditekankan pada pembinaan karakter. Jika pembentukan karakter berhasil, maka akan mudah menggerakan mereka sebagai pelaku wirausaha. Penekanan pengembangan pendidikan kewirausahaaan di Indonesia lebih ditekankan pada pembentukan karakter unggul wirausaha. Dengan demikian, jika telah terbentuk mindset mau berwirausaha maka proses mampu berwirausaha akan mudah untuk dilakukan.” ujar Reni Farwitawati, dalam keterangan tertulisnya.(rls)

Baca Juga

Muhaimin Iskandar isi Kuliah Kebangsaan di Umri

Ragamriau.com – Dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, ribuan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau …