Kamis , 23 Mei 2024
Home » Pendidikan » Begini Cara UMRI Tanamkan Nilai Cinta Tanah Air ke Mahasiswa

Begini Cara UMRI Tanamkan Nilai Cinta Tanah Air ke Mahasiswa

Ragamriau.com — Sebanyak 270 an Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) penerima Beasiswa Pemprov Riau mengikuti kegiatan Pelatihan Kepemimpinan dan Bela Negara yang dipusatkan di Arhanud-13/PBY.

Kegitan yang dibuka secara resmi oleh Rektor UMRI Dr Saidul Amin MA, Sabtu 10 Juni 2023 itu bagian dari upaya menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air.

“Ini juga merupakan bagian dari upaya kita untuk lebih menumbuhkan jiwa disiplin dan juga memiliki jiwa sosial yang tinggi, bagi Mahasiswa UMRI,” kata Rektor.

Selain itu, kegiatan ini adalah bagian komitmen UMRI dalam meningkatkan sofskill Mahasiswa nya, sehingga kelak ketika sudah menyelesaikan perkuliahan tidak hanya berpikir untuk menjadi Pegawai Negeri dalam mencari lapangan kerja, tapi harus mampu menciptakan lapangan kerja.

Kerana, lanjut Saidul, memiliki skill lebih ini pada zaman sekarang sangat penting, karena itu salah satu yang UMRI berikan selama dua hari ke depan ini adalah bagaimana menumbuhkan rasa cita terhadap bangsa dan juga berdisiplin, serta menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Karena kecintaan kepada negara dan bela negara, kita tidak meragukan ada pada diri angkatan darat ini, karena itulah kami menitipkan Mahasiswa Mahasiswa kita kepada mereka untuk memberikan berbagai nilai nilai dalam membela negara ini,” imbuhnya.

Sementara, Wakil Komandan Batalyon Arhanud-13 /PBY, Catur Sopan P, menjelaskan untuk kegiatan ini pihaknya menyiapkan sebanyak pelatih 35 orang pelatih, dan ditambah 22 orang sebagai pendukung.

“Pelatih dan pendukung ini akan memberikan peserta berbagai materi terkait bela negara dan kedisiplinan ini, mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk melaksanakan dan memberikan materi terbaik,”tegasnya.

Adapun materi materi yang akan diberikan dijelaskan Catur antara lain adalah menanamkan wawasan kebangsaan, PBB, pelatihan kepemimpinan, dan memperlihatkan gambaran keseriusan kita dalam mengamankan dan menjaga Provinsi Riau.

“Apakah disamakan dengan latihan militer, belum bisa kita pastikan, yang jelas bisa dikatakan semi militer, karena kita masih melihat kondisi peserta, namun yang oasti juga memiliki standar pelatihan bagi peserta dari luar militer,” imbuhnya. (nik)

Baca Juga

Muhaimin Iskandar isi Kuliah Kebangsaan di Umri

Ragamriau.com – Dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, ribuan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau …