Selasa , 26 Januari 2021
Home » Pendidikan » Bupati dan Sekda Rohul Hadiri Serah Terima Murid TK Islam Zaliyah

Bupati dan Sekda Rohul Hadiri Serah Terima Murid TK Islam Zaliyah


Ragamriau.com — Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Sukiman, Sekda Rohul H.Abdul Haris, Bunda PAUD Hj Peni Herawati serta Ketua DWP Hj.Nety Herawati, Rabu 24 April 2019 pagi, hadiri serahterima murid Taman Kanak-kanak (TK) Zaliyah sekaligus Milad Yayasan Zaliyah ke-5 2018-2019.

Kegiatan yang dikemas panggung gembira, digelar di depan gedung TK Islam Zaliyah dan PKBM Zaliyah, di Desa Koto Tinggi Kecamatan Rambah, dihadiri para orang tua murid TK, serta ketua Yayasan Zaliyah Hamsanah termasuk para tenaga pendidik.

Bupati Sukiman bersama Sekda Abdul Haris, Bunda PAUD dan Ketia DWP, melihat berbagai atraksi yang ditampilkan para murid TK, seperti menyanyi, menari serta kegiatan yang membuat meriah kegiatan panggung gembira tersebut, setelah berakhirnya masa pendidikan murid TK yang didik di TK Islam Zaliyah.

Dikatakan Ketua Yayasan Zaliyah, Hamsanah mengatakan, jumlah murid TK setiap tahunnya selama ini 20 murid kemapuan, namun karena banyaknya minat masyarakat menyekolahkan anaknya, kemudian tahun ini dutambah 27 anak dan tahun depan ditambah lagi menjadi 30 murid.

“Kita komitmen melaksanakan pendidikan, di bawah Yayasan Zaliyah. Tenaga guru kita sendiri sudah memadai dan seluruhnya sudah Sarjana. Namun untuk bangunan masih dana kita sendiri membangunnya, jelasnya kita komit tingkatkan pendidikan bagi anak-anak di Rohul ini,” kata Hamsanah.

Ditanya KBM Zailyah yang kini adanya komitmen memberantas buta aksara, Hamsana menyatakan, di PKBM Zaliyah ada kejar paket A,B dan C, serta KM untuk masyarakat tidak bisa tulis baca, keterampilan tata Boga, Sanggar Rias Pengantin, juga kita buka sanggar seni.

“Diperkirakan di pedesan banyak putus sekolah, bukan faktor kemiskinan, namun karena jauhnya jarak tempuh masyarakat ke sekolah, serta kemauan dan faktor ekonomi anak-anak yang dipekerjakan. Sehingga peran orang tua juga tokoh masyarakat harus merangkul juga punya andil tingkatkan pendidikan,” jelas Hamsanah.

Bupati Rohul juga mengaku, sangat mengapresiasi Yayasan Zaliyah, yang sudah mempu mendirikan lembaga pendidikan, baik PUD, TK serta PKM. Hal itu sudah ditunjukan, melalui kampanye untuk menuntaskan buta aksara bagi anak-anak putus sekolah dan masyarakat yang tidak bisa tulis baca.

“Kita sangat mengapresiasi, gebrakan yang dibuat Yayasan Zaliyah. Apalagi vidio yang ditampilkan saat digelarnya Pasar Digital Dangaoe-Dangoe di Lapangan Pematang Baih, cukup membanggakan. Ini sebagai bentuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan SDM bidang pendidikan,” kata Bupati Sukiman.

Bunda PUD Rohul Hj Peni Herawati juga mengatakan, dirinya sangat mendukung sekali kegiatan yang dilakukan Yayasan Zaliyah, dalam meningkatkan pendidikan dan kemiskinan bagi anak-anak.

“Karena, dengan meningkatnya pendidikan anak maka kedepannya mereka akan bisa bekerja, sehingga tingkatkan pendapatan mereka dan entaskan kemiskinan,” ucap Peni Herawati, yang juga Ketua TP PKK Rohul.

Hamsanah juga sangat berterima kasih, dengan kehadiran Bupati Sukiman, Sekda Abdul Haris dan rombongan, dikegiatan yang mereka gelar. Termasuk respon Bupati Rohul yang menyatakan siap membantu pembangunan ruang belajar di sekolah, di bawah Yayasan Zaliyah yang dimpimpinnya.

“Respon Bupati kita berikan apresiasi, beliau langsung menyatakan siap membantu pembangunan ruang belajar. Memang selama ini ruang belajar yang ada di PAUD, TK maupun PKBM di bawah naungan Yayasan Zaliyah dibangun secara swadaya. (lim)

Baca Juga

Dimasa Pandemi Dosen FH Unilak Beri Pelatihan Wirausaha Rimpangan Bagi Pengurus PKK

Ragam Riau-Dimasa pandemi COVID-19, jamu menjadi minuman obat yang digemari oleh masyarakat karena dipercaya dan …