Senin , 22 April 2024
Home » Ekonomi » Dengan Door to door, Pemko Pekanbaru Percepat Vaksinasi Untuk Lansia

Dengan Door to door, Pemko Pekanbaru Percepat Vaksinasi Untuk Lansia

Wagubri memberikan sambutan saat membuka vakinasi yang diadakan DPD KKPI. foto dokumentasi/ilutrasi

Ragam Riau–Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru, gerak cepat melakukan percepatan vaksinasi kelompok lanjut usia atau lansia. Pemkot mengklaim beberapa kecamatan sudah menerapkan door to door.

“Di beberapa kecamatan, itu sudah melakukan vaksinasiĀ door to door,” kata Asisten I Setdako Pekanbaru Syoffaizal, Jumat (5/11/2021).

Kata Syoffaizal, percepatan vaksinasi lansia diperlukan supaya Kota Pekanbaru bisa turun ke Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1.

“Paling tidak kita bisa bertahan di PPKM level 2,” harapnya.

Sebelumnya, Pemkot Pekanbaru mengklaim realisasi vaksinasi terhadap warga lanjut usia atau Lansia sudah 50 persen. Dari target 70.384 lansia, saat ini sudah 35.708 warga lansia yang mendapat suntik vaksin.

Sementara, 34.676 lainnya masih menunggu suntikan vaksin. Rumah sakit dan tempat layanan kesehatan bisa melakukan percepatan vaksin lansia dengan target pemberian 40 dosis vaksin pertama setiap.

“Jadi rumah sakit dan faskes bisa memasang target dalam dua hari ini, sekaligus melakukan edukasi bagi lansia,” kata Wali Kota Pekanbaru Firdaus.

Apalagi Pemkot Pekanbaru sudah mengeluarkan surat edaran percepatan pemberian vaksin bagi lansia. Ia juga mengajak seluruh instansi pemerintah, swasta dan perbankan yang melayani penyaluran dana pensiun agar memberi edukasi dan imbauan.

Ia juga mengimbau seluruh organisasi keagamaan, pengurus rumah ibadah dan pemuka agama untuk mengajak para anggota atau jamaah lansia untuk vaksinasi.

“Mereka juga bisa mengadakan vaksinasi massal khusus bagi lansia tentu berkoordinasi dengan fasilitas layanan kesehatan atau puskesmas terdekat,” jelasnya.(wid)

Baca Juga

Muhaimin Iskandar isi Kuliah Kebangsaan di Umri

Ragamriau.com – Dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, ribuan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau …