Rabu , 24 April 2024
Home » Ekonomi » Di Pelalawan Dan Rohil Terjadi Peningkatan Partisipasi Pemilih

Di Pelalawan Dan Rohil Terjadi Peningkatan Partisipasi Pemilih

Warga membaca koran yang menampilkan penghitungan sementara Pilkada Serentak di Riau

 

Pekanbaru – Pilkada serentak yang berlangsung 9 Desember lalu baru saja usai, untuk di Riau ada 9 daerah yang melaksanakan Pilkada serentak dan berjalan secara jurdil, lancar dan aman. Dari pelaksanaan pilkada serentak di Riau terjadi peningkatan partisipasi pemilih di dua kabupaten yaitu Pelalawan dan Rokan Hilir.

Menurut Komisoner KPU Riau Divisi Sosialisasi Partisipasi  Masyarakat dan SDM Nugroho Noto Susanto, di Pelalawan partisipasi pemilih mencapai 79 persen atau naik 10 persen di bandingkan pilada tahun 2015. Sementara di Rohil partisipasi pemilih mencapai 71 persen atau naik 11 persen dari pilkada 2015.

” Artinya meski saat ini corona, terjadi peningkatan jumlah pemilih yang datang ke TPS. “.Senin(14/12). Nugroho menilai, terjadinya peningkatan disebabkan beberapa hal, pemilih kalangan millenial yang khususnya mahasiswa saat ini lebih banyak berada di kampung saat pencoblosan. ” Kalau selama ini banyak mahasiswa yang tidak mencoblos karena sedang kuliah di luar daerah, maka pada pilkada serentak kali ini mereka berada di kampung. Hal ini termasuk faktor meningkatnya partisipasi pemilih.

Nugroho melanjutkan,pihak KPU sudah berupaya memaksimalkan sosialisasi kepada pemilih untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Riau. Mulai dari mendatangi suku pedalaman di Riau, menggunakan sosial media, aplikasi Tik Tok itu kita manfaatkan untuk menyasar pemilih millenial.

Baca Juga

Muhaimin Iskandar isi Kuliah Kebangsaan di Umri

Ragamriau.com – Dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, ribuan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau …