Kamis , 23 Mei 2024
Home » pariwisata » Dibuka Wakil Rektor I Unilak, Lebih Dari 2200 Mahasiswa Baru Ikuti PKKMB 2023

Dibuka Wakil Rektor I Unilak, Lebih Dari 2200 Mahasiswa Baru Ikuti PKKMB 2023

Ragam Riau-Universitas Lancang Kuning (Unilak) resmi memulai Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2023. Acara dibuka oleh Rektor Unilak yang diwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Dr Zamzami M.Kom.MTa, turut hadir Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr Bagio Kadaryanto SH MH di lapangan sepak bola, Jumat (13/10/2023).

Pada tahun 2023 ini, Unilak menerima lebih dari dua ribuan mahasiswa baru yang diterima di 32 Prodi dan 10 Fakultas yang ada di Unilak. Dari jumlah tersebut, 12 orang diantaranya adalah penyandang disabilitas. Kampus Unilak adalah kampus besar yang telah berdiri sejak tahun 1982. Mahasiswa baru tahun ini berasal 11 Kabupaten/Kota di Riau, kemudian dari Provinsi Sumbar, Jambi, Sumut, Aceh dan di luar pulau jawa.

Wakil Rektor I Dr Zamzami saat membuka PKKMB menyampaikan rasa bangga dan senang bisa menyambut mahasiswa baru.  “Diawali dengan pantun, sungguh manis si semangka kuning dibuat sup buah membutuhkan proses, selamat datang di Universitas Lancang Kuning kampusnya orang sukses.”ucap Dr Zamzami diawal sambutannya.

Unilak adalah satu diantara perguruan tinggi terbaik di Provinsi Riau, allhamdulillah hari ini mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan untuk mengenal Unilak. Unilak akan menjadi rumah kedua adik adik, disini akan mengenal dosen,tenaga pendidik, teman baru, dan lingkungan kampus, kami mengharapkan adik-adik dapat mengikuti kegiatan PKKMB ini dengan baik, ujar Dr Zamzami.

Dijelaskan Dr Zamzami Unilak akan mendidik adik-adik menjadi generasi intelektul, generasi cerdas, dan disini juga belajar organisasi. Untuk itu telah berdiri 14 Unit Kegiatan Kemahasiswa dan 2 UKK, ini merupakan wadah bagi adik-adik untuk mengembangkan diri. Disini(Unilak) tidak sekedar kuliah pulang kuliah pulang, tapi juga harus mengembangkan potensi diri, bakat, minat, jiwa kepemimpinan dan jaringan/networking. Unilak telah menerapkan kurikulum MBKM, maka ini kesempatan adik-adik sangat besar untuk mengikuti progam MBKM dan bisa belajar diluar kampus.

Sementara itu Rektor Unilak Prof Dr Junaidi dalam keterangannya mengucapkan rasa syukur, bangga dan senang atas kehadiran mahasiswa baru yang akan menjadi pemimpin di masa depan. ” Kami ucapkan terima kasih kepada para orang tua, keluarga dan adik-adik yang telah mempercayakan Unilak menjadi rumah bagi adik adik untuk menimba ilmu, disini menjadi langkah awal untuk bisa meraih sukses dimasa depan. Kehadiran adik di Unilak tentu diiringi dengan doa dari para orang tua dan keluarga, maka pendidikan itu adalah bagian dari perjuangan.

“Ini adalah langkah yang tepat dengan kuliah di Unilak, tentu kepercayaan itu akan kami pegang teguh dan akan kami bantu adik adik mahasiswa untuk mewujudkan menjadi sarjana, menjadi orang sukses, menjadi pemimpin, menjadi generasi intelektul berakhlak dan beradab. Sebut Prof Junaidi.

Pelaksanaan PKKMB Unilak berlangsung selama dua hari, selain kegiatan dilakukan di tingkat Universitas mahasiswa baru juga disambut dengan kegiatan di tingkat Fakultas. Pembukaan PKKMB juga di hadiri oleh Dekan, Wakil Dekan, Dosen, Kepala Biro Kabag di lingkungan Unilak. Kegiatan juga mengundang Danrem Wirabima yang diwakili oleh Komandan Kodim Pekanbaru  Kolonel Kav Yuli Eko Hadiyanto, BNN Provinsi Riau, PT Jasarharja, dan Ketua HIPMI Riau. Kegiatan mendapatkan dukungan dan dipandu oleh BEM Unilak, DPM Unilak, UKK, Ormawa.(rls/ddk)

Baca Juga

Muhaimin Iskandar isi Kuliah Kebangsaan di Umri

Ragamriau.com – Dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, ribuan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau …