Minggu , 16 Juni 2024
Home » Ekonomi » Digelar Secara Daring, Dosen Fekon Unilak Beri Pelatihan Keuangan UMKM Rumbai

Digelar Secara Daring, Dosen Fekon Unilak Beri Pelatihan Keuangan UMKM Rumbai

Gedung Rektorat Universitas Lancang Kuning. foto humas Unilak

Ragam Riau—Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning Pekanbaru memiliki kepedulian dengan pelaku usaha mikro kecil menengah, kepedulian dilakukan dalam bentuk sosialisasi dan pelatihan pembukuan sederhana bagi pengusaha UMKM di kecamatan Rumbai, yang dilakukan beberapa 18 juni lalu, secara daring.

Kegiatan yang dilakukan merupakan bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat. Tim dosen Fekon yang membantu sebagai ketua Aznuriyandi. Se., M.Si dengan anggota Dwika Lodia Putri. Se., M.Ak, Nurmansyah. Se., Sr,. MM dan juga mengikutsertakan mahasiswa Tasya Adinda Putri dan Sweda Arifah.

Dikatakan Dwika Lodia dalam keterangan tertulisnya, Rabu(06/07/2022) pengabdian yang dilakukan bertujuan membantu dalam beberapa aktivitas UMKM muda di Rumbai agar paham tata cara pembukuan sederahan. ” Pengabdian ini untuk memberikan kontribusi nyata bagi pelaku UMKM di Rumbai,”

Disebutkannya lagi, beberapa hal yang harus diketahui oleh pengusaha UMKM dalam laporan keuangan sederhana yaitu; membuat buku catatan pengeluaran, membuat buku catatan pemasukan; perlu buku kas utama.

“Jika berkaitan usaha kita memiliki barang-barang maka perlu buku stok barang, kemudian  buku inventaris barang. Dan ini sangat penting buku laba rugi, kemudian laporan perubahan ekuitas dan membuat neraca keuangan.” Sebut Lodia.

Dijbarkan Lodia bagian penting dari pembukuan sederhana adalah neraca keuangan. Fungsi dari neraca keuangan adalah untuk mengetahui posisi keuangan perusahaan pada periode tertentu. Neraca sangat dibutuhkan untuk mengetahui nilai dari perusahaan sesudah menjalankan ragam aktivitas yang ada kaitannya dengan keuangan.

Neraca mempunyai beberapa unsur yang meliputi harta, kewajiban, serta modal. Harta adalah semua kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan yang meliputi harta tetap, harta lancar, dan juga harta tidak berwujud lainnya hak paten, merek dagang, dan lain-lain.Sebut Lodia

” Sementara kewajiban sendiri meliputi utang jangka panjang dan utang lancar. Modal adalah selisih antara harta yang sudah dikurangi dengan utang. Selama daring, kit ajuga melakukan sesi tanya jawab. Dari kegiatan kami beraharap peserta dapat menerapkan pada bidang usaha yang mereka tekuni.” ujar Lodia

 

Baca Juga

Muhaimin Iskandar isi Kuliah Kebangsaan di Umri

Ragamriau.com – Dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, ribuan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau …