Minggu , 16 Juni 2024
Home » Pendidikan » Dihadapan Mahasiswa Baru Umri, Haedar Nashir Berbicara Tentang Pentingnya Memiliki Akhlak yang Baik

Dihadapan Mahasiswa Baru Umri, Haedar Nashir Berbicara Tentang Pentingnya Memiliki Akhlak yang Baik

Ragamriau.com — Pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) dan Masa Ta’aruf (Masta) Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) 2023/2024, secara resmi dimulai Kamis 14 September 2023 di kampus utama Umri, jalan Tuanku Tambusai Ujung Pekanbaru.

Pelaksanaan PKKMB dan Masta Mahasiswa kali ini terasa spesial. Karena, di acara pembukaan, turut hadir Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir.

Prof Haedar yang didaulat menyampaikan ceramah atau kuliah umum dihadapan Mahasiswa baru Umri menyampaikan bahwa tahun lalu, ia berkunjung dan menghadiri PKKMB di sejumlah kampus Muhammadiyah. Seperti di Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dan lainnya.

Namun, tahun ini, Ia mengaku hanya datang ke PKKMB UMRI. Hal ini menurutnya sebagai bentuk penghargaan atas kemajuan UMRI di bawah kepemimpinan Dr Saidul. Termasuk karena kecintaannya kepada seluruh mahasiswa di UMRI.

Kepada mahasiswa baru, Haedar menyampaikan bahwa mereka sudah menjadi bagian dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) yang telah hadir di sejumlah kota di Indonesia dan Malaysia. Karena itu, dia berharap tumbuh kebanggaan dalam diri mahasiswa pada almamaternya.

Dengan kebanggaan pada almamater ini, mahasiswa diharapkan mampu menjadi pencerah muda.

“Pencerah muda yaitu sosok muda yang berilmu dan punya peran luas, insan unggul berkemajuan di berbagai bidang kehidupan dimana pun kalian nanti menjalani kehidupan,” kata Haedar.

Dia juga menyampaikan selamat datang kepada mahasiswa non muslim yang memilih berkuliah di kampus Muhammadiyah. Haedar menegaskan, meski berbeda agama, Muhammadiyah tetap menyambut mereka sebagai sesama anak bangsa.

Haedar berharap, mahasiswa non muslim mampu menyatu dengan mahasiswa Muhammadiyah lainnya. “Kepada mahasiswa muslim, terimalah saudara-saudara kita ini dengan baik. Hidup bersama dalam keberagaman,” katanya.

Mahasiswa Muhammadiyah, tambahnya, harus mampu hidup dalam keberagaman sebagaimana yang telah diikhtiarkan pendiri bangsa ini.

Dosen Program Doktor Politik Islam pada Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini juga berharap mahasiswa baru menanamkan dalam diri semangat untuk terus bertumbuh.

“Dimanapun kita kuliah, termasuk di universitas swasta, selama niatnya kokoh untuk sukses mencari ilmu, pasti bisa lebih maju,” kata Prof Haedar.

Haedar pun menekankan pentingnya berakhlak baik dalam diri mahasiswa. Karena tidak ada gunanya seseorang cerdas, berilmu dan berkeahlian jika akhlaknya rusak. “Jangan jadi orang cerdas tapi minus akhlak,” ungkapnya. (nik)

Baca Juga

Muhaimin Iskandar isi Kuliah Kebangsaan di Umri

Ragamriau.com – Dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, ribuan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau …