Sabtu , 13 Juli 2024
Home » Ekonomi » Dihadiri Kadis Koperasi Kota Pekanbaru, Jumlah Anggota Koperasi Karyawan Dosen Unilak Terus Bertambah

Dihadiri Kadis Koperasi Kota Pekanbaru, Jumlah Anggota Koperasi Karyawan Dosen Unilak Terus Bertambah

Koperasi Unilak

Ragam Riau—Koperasi Karyawan dan Dosen Universitas Lancang Kuning Pekanbaru menggelar Rapat Anggota Tahunan tahun buku 2021. Rapat dilakukan secara hybrid, beberapa anggota hadir di aula Pustaka Unilak dan sebagian lainya hadir secara zoom. Rabu, 2 Februari 2022.

Rapat tahunan ini mengangkat tema Koperasi maju, anggota sejahtera, hadir Kadis Koperasi Kota Pekanbaru H Sarbaini MH, Ketua Koperasi karyawan dan dosen Unilak  Hamdan Yasid. MP, Sekretaris Anang Cahyono Ardi. SP, Direktur Pascasarjana yang juga ketua Pengawas Koperasi Prof. Syafrani, Rektor Unilak Dr Junaidi yang hadir secara online, dan anggota.

Menurut Hamdan hingga akhir tahun 2021, jumlah anggota Koperasi hampir 200 orang, pelaksanaan RAT dilakukan secara hybrid dikarenakan beberapa anggota ada yg berhalangan hadir secara.

” Koperasi Karyawan dan Dosen berdiri sejak tahun 1989, dan saya menjadi ketua ke 6,dan berkat dukungan anggota dan dewan pengawas bisa dilakukan RAT di awal tahun 2022. Pada Desember 2021 jumlah anggota 185 dan di Januari 2022 anggota menjadi 204 orang, di bulan Februari ini akan bertambah 10 anggota baru.

Dijelaskan Hamdan, dalam menjalankan koperasi Hamdan meminta mendapatkan dukungan dari Rektor, dan bimbingan dari Dinas Koperasi Pekanbaru, agar koperasi Unilak semakin maju,

” Kami akan merencanakan pengembangan Koperasi berupa usaha usaha mikro dengan melakukan kerja sama dengan pihak luar, ” ujar Hamdan.

Sementara itu Badan Pengawas Koperasi Prof Syafrani mengapresiasi pelaksanaan RAT, serta bertambahnya jumlah anggota koperasi. Koperasi sangat membantu kalangan ekonomi bawah.  Koperasi ini sifatnya gotong royong membantu rekan sejawat sejawat kita, koperasi ini telah memberikan kontribusi besar, ada perumahan lancang Kuning telah berdiri.

” Saya memberikan apresiasi kepada pengurus yang anggotanya banyak hadir saat RAT, dan dilakukan hybrid, mari sama sama kita dukung pengurus koperasi, ” ujar Prof Syafrani.

Sementara itu Rektor Unilak Dr Junaidi dalam saat membuka menyebutkan pelaksanaan  RAT ini kerja keras dari pengurus untuk menyusun pelaporan tepat waktu. Tentu dalam RAT kita mengharapkan koperasi melakukan perbaikan, bagaiamana koperasi memberikan manfaat bagi anggota.

Dalam pesannya Dr Junaidi mengatakan salah satu upaya memajukan koperasi tentu dengan tata kelola yang baik, ini (RAT) merupakan perwujudan tata yang baik dengan dilakukan tiap tahunnya.

” Saya berharap koperasi Lancang Kuning bisa berperan dalam kewirausahaan ini sangat penting, kami mendorong koperasi ini dapat mengembangkan unit-unit wirausaha bagi anggota dan orang banyak.
Kami mendukung kegiatan koperasi, di satu sisi misi sosial disatu sisi kegiatan ini produktif dan ini sejalan dengan misi Unilak dalam memajukan kewirausahaan.” ujar Dr Junaidi.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi Pekanbaru Sarbaini menyebutkan RAT merupakan usaha untuk memperpanjang keberadaan suatu koperasi.  Di RAT  juga akan menentukan kebijakan pengurus. Dikatakannya koperasi adalah ekonomi kerakyatan. Koperasi harus mampu bersaing. Di Pekanbaru jumlah koperasi 1113, ada yang aktif, sehat, ada yang tidak sehat sama sekali.

” Saya mendorong dosen dan karyawan yang belum bergabung untuk segera menjadi anggota  koperasi. Keberadaan, koperasi sangat membantu, karena ini punya kita untuk kita mari kita manfaatkan bersama dan mari kota kembangkan,  kami juga mendukung  untuk menuju koperasi syariah untuk meningkatkan kepercayaan, ” Ujar Sarbaini

Baca Juga

Muhaimin Iskandar isi Kuliah Kebangsaan di Umri

Ragamriau.com – Dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, ribuan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau …