Jumat , 30 September 2022
Home » pariwisata » Dosen Fahutan Unilak Pengabdian di SMA Islam An Naas Pekanbaru, Berikan Bibit Pohon Penghijau

Dosen Fahutan Unilak Pengabdian di SMA Islam An Naas Pekanbaru, Berikan Bibit Pohon Penghijau

Dosen Fahutan Unilak pengabdian di SMA Islam An Naas Pekanbaru. foto dokumentasi

Ragam Riau–Dosen Fakultas Kehutanan Universitas Lancang Kuning Pekanbaru, melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi yakni pengabdian di SMA Islam An Naas. Kegiatan yang dilakukan merupakan kepedulian dosen Fahutan dalam bidang pendidikan khususnya untuk sekolah.

Dosen yang melakukan pengabdian yaitu Enny Insusanty S.Hut, M.Si, M. Ikhwan, S.Hut, M.Si, Ika Lestari  S.Hut, M.Si.  Menurut Enny, tujuan pengabdian di sekolah islam tersebut untuk meningkatkan pemahaman siswa SMA Islam An Naas yang merupakan mitra kegiatan pengabdian, dilakukan dengan sosialisasi dan edukasi melalui penyampaian materi secara secara langsung berupa ceramah dan penyuluhan kepada siswa SMA, kemudian dilakukan pelatihan pemilahan sampah dan penaman pohon disekitar halaman sekolah.

Dikatakan Enny, halaman sekolah merupakan salah satu areal publik yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan pendidikan bagi siswa. Halaman sekolah memiliki ukuran yang cukup luas sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiaan pendidikan.

“Kenyaman siswa dalam belajar juga dipengaruhi kondisi sekitar sekolah sehingga perlu dilakukan pemanfaatan halaman menjadi lokasi untuk praktek dan kegiatan pendidikan lainnya.” ujar Enny dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 13/07/2022

Ditambahkan Enny, kondisi sekolah yang cukup strategis karena berada di tengah Kota Pekanbaru akan lebih bagus jika ditanami dengan berbagai jenis pohon pelindung maka suasana sekolah yang asri,hijau dan rimbun akan menambah daya tarik sekolah. ” Sekolah jika tanpa adanya pohon pelindung/penghijau maka menyebabkan areal sekolah kurang sejuk, gersang dan indah. Hal lainnya juga perlu dilakukan adalah menjaga kondisi kebersihan sekolah dengan didukung pengelolaan sampah yang baik akan memberikan kondisi yang nyaman untuk sekolah.

Materi pengabdian yang disampaikan oleh dosen Fahutan Unilak diantaranya berkaitan dengan  pemahaman tentang lingkungan hidup sekolah, kemudian melakukan penyuluhan secara langsung, membantu pihak sekolah pengelolaan sampah, serta memberikan bibit pohon, dan penananam pohon secara langsung di lingkungan sekolah.

” Artinya saat kita pengabdian langsung memberikan kegiatan nyata, lahan yang belum dimanfaatkan akhirnya di manfaatkan dan ditanami pohon. Para siswa An Naas antusias mengikuti kegiatan, semoga kecintaan mereka terhadapa lingkugan akan semakin baik.” ujar Enny yang sering membantu sekolah di Riau tentang lingkungan sekolah ini.

Baca Juga

Berkat Zakat Masyarakat Siak, Delapan Putra-Putri Terbaik Siak Kuliah di Unilak

Ragam Riau-Baznas Kab Siak dan Pemkab Siak memiliki komitmen yang besar untuk membantu putra-putri asal …