Kamis , 23 Mei 2024
Home » Ekonomi » Dosen Faperta Unilak Bantu IRT Olah Jantung Pisang Jadi Nuget

Dosen Faperta Unilak Bantu IRT Olah Jantung Pisang Jadi Nuget

Dosen Faperta Unilak Bantu Ibu Ibu Arisan Buat Nuget dari jantung pisang

Ragam Riau-Tim dosen Fakultas Pertanian Universitas Lancang Kuning Pekanbaru, membantu ibu-ibu kelompok arisan  yang berdomisili di Perumahan Lancang Kuning Rumbai.

Ibu-ibu warga perumahan yang rutin mengadakan arisan sebagai ajang silaturahmi antar warga juga dilakukan sharing keterampilan ilmu pengetahuan, hal ini dimanfaatkan oleh tim dosen Unilak untuk mengajarkan cara mengolah jantung pisang menjadi nuget, tim dosen yang membantu warga diketuai oleh Ir. Rini Nizar. M. Si, dengan anggota Ir. Latifa Siswati. MP, Dr. Anto Ariyantoini. Ssi. M. Si

Pelatihan pengolahan jantung pisang merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dengan mengangkat judul pemberdayaan kelompok arisan ibu ibu Perumahan lancang Kuning melalui pelatihan pembuatan nuget jantung pisang.

Menurut salah satu dosen Ir. Latifa Siswati. MP, tim dosen memanfaatkan momen arisan ibu ibu perumahan yang rutin diadakan tiap bulan untuk dilatih dan pembuatan nuget jantung pisang menjadi makanan yang enak dikonsumsi dan juga baik untuk kesehatan.  ” Pelatihan dilakukan Juni lalu, bahan baku berupa jantung pisang mudah diperoleh dan tersedia banyak, peserta ibu ibu antusias dan tertarik untuk mengikuti, beberapa ibu ibu baru pertama kali mengetahui ternyata bisa jantung pisang bisa dijadikan nuget.” ujarnya Jumat saat dihubungi (6/08/2021)

Disebutkan Latifa tujuan pelatihan ini agar ibu ibu menjadi kreatif, kemudian mampu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan tentang pengolahan jantung pisang menjadi nuget, dan tim dosen akan membuat publikasi artikel ilmiah yang dapat membantu peningkatan akreditasi baik Fakultas maupun Universitas.

Dijelaskannya lagi, tim dosen juga melakukan pendampingan kepada peserta agar nuget yang dibuat dapat sesuai dengan keinginan dan enak. ” Hasil dari evaluasi terjadi peningkatan terhadap pengetahuan dan keterampilan peserta terhadap manfaat mengkonsumsi bahan olahan dari jantung pisang sebagai makanan tambahan menu keluarga. Untuk membantu program diversifikasi pangan  pemerintah,  maka perlu dilakukan kegiatan dengan mengembangkan produk lain dengan bahan baku lain yang mudah di dapat disekitar pekarangan rumah, seperti singkong, jagung dan tanaman buah-buahan.

Baca Juga

Muhaimin Iskandar isi Kuliah Kebangsaan di Umri

Ragamriau.com – Dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, ribuan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau …