Senin , 22 April 2024
Home » Ekonomi » Dosen Fekon Unilak Bantu Kelurahan Industri Tenayan Raya Wujudkan Tata Kelola Pelaporan Keuangan

Dosen Fekon Unilak Bantu Kelurahan Industri Tenayan Raya Wujudkan Tata Kelola Pelaporan Keuangan

 

Ragam Riau-Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning Pekanbaru (Unilak) melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Kelurahan Industri Tenayan Raya Kecamatan Tenayan Raya, beberapa waktu lalu. Kegiatan PKM berkaitan dengen peningkatan pengetahuan good governance tentang prinsip akutanbilitas dan tranparansi dalam pengelolaan keuangan di kelurahan Industri Tenayan Raya Kecamatan Tenayan Raya.

Sebelumnya dibulan April, tim dosen dosen Fekon Unilak juga telah membantu ASN di lingkungan Kecamatan Tenayan Raya dengan memberikan pelatihan tentang pembuatan laporan keuangan. Dalam penyampaiaan dan diskusi tentang bagaimana pelaporan keuangan, ternyata peserta kesulitan bagaimana pengelolaan pelaporan yang tepat waktu dan sesuai dengan Good Governance atau tata kelola alokasi anggaran yang baik itu berupa akuntabilitas dan transparansi dalam hal pelaporan alokasi anggaran kelurahan tersebut.

Maka dari itu Tim Dosen Unilak yang di ketua oleh Indarti,SE.MM.AK.CA, Ika Berty Apriliani.SE.M.AK.,Ak.,CA, dan Aljufri SE.,M.AK.,Ak.,CA sebagai anggota, kembali memberikan pelatihan dan pendampingan bagi ASN, kegiatan PKM turut serta mahasiswi Fekon yaitu Windi Oktaviani dan Agus Kurniawan.

Pelaksanaan PKM dilakukan dengan diskusi, tanya jawab dan dialog, terkait dengan tata kelola pelaporan keuangan dengan memperhatikan akuntabilitas dan transparansi. Menurut Ketua Tim Dosen Fekon Unilak, Indarti sebelum kegiatan penyampaian materi, kami memberikan pre test dengan menyebarkan kuesioner kepada peserta pelatihan, ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dan pemahaman peserta mengenai seberapa pentingnya tata kelola pelaporan keuangan pada keuangan dari sisi Akuntabilitas dan Transparansi.

Pre test yang diberikan kepada pegawai kelurahan berupa kuesioner tentang seberapa perlu atau pentingnya Pre Test  dan Post Test ini ditujukan untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan tata kelola keuangan yang baik dari sisi akuntabilitas dan transparansi dalam hal pelaporan keuangan dan anggaran mereka. Sebut Indarti, Rabu, (7/07/2021) dalam rilisnya.

Menurut Indarti Good Governance yang baik dalam pengelolaan keuangan dan pelaporan keuangan dengan memperhatikan prinsip akuntabilitas dan Transparansi, maka diharapkan pengelolaan keuangan di kelurahan ini semakin baik dan dapat terhindar dari kemungkinan pengelolaan keuangan yang tidak sesuai dengan aturan dan prosedur yang berlaku di pemerintahan.

“Setelah diberikan pemaparan materi terjadi peningkatan pemahaman dan pengetahuan tentang tata kelola keuangan  kelurahan dari sisi Akuntabilitas dan Transparansi. Kami tentu berharap kedepannya Kelurahan Industri Tenayan akan melaksanakan tata kelola keuangan kelurahan dengan lebih baik,  untuk meningkatkan Good Governance sesuai dengan Prinsip Akuntabilitas dan Transparansi.” ujar Indarti.(rls)

Baca Juga

Muhaimin Iskandar isi Kuliah Kebangsaan di Umri

Ragamriau.com – Dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, ribuan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau …