Kamis , 23 Mei 2024
Home » Ekonomi » Dosen Fekon Unilak Dorong Pemuda Berwirausaha, Ini Usaha Yang Tumbuh Saat Pandemi,

Dosen Fekon Unilak Dorong Pemuda Berwirausaha, Ini Usaha Yang Tumbuh Saat Pandemi,

Dosen Fekon Unilak dorong pemuda berwirausaha

Ragam Riau– Di webinar bersama dengan pemuda Rumbai, tiga dosen Fakultas Ekonomi (Fekon) Universitas Lancang Kuning Pekanbaru, yakni Aznuriyandi.SE.M.Si, Dwika Lodia Putri.,SE.M.Ak, dan Drs. Nurmansyah.SR.M.BSC,.MM mendorong pemuda untuk berwirausaha. Demikian disampaikan oleh salah satu dosen Dwika Lodia saat webinar yang di gelar 19 Juni lalu.

Webinar mengangkat judul menumbuhkan kreatifitas berwirausaha pemuda Rumbai di masa Pandemi. Menurut Dwika Lodia kreatifitas merupakan usaha memikirkan sesuatu atau kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relative berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya.

Dijelaskannya seseorang disebut kreatif memiliki beberapa indikator yakni terbuka terhadap pengalaman (openness tosexperience); Pengamatan melihat cara biasa yang biasa dilakukan (observance seeingthings in unusual ways); Keingintahuan (curiosity); Menerima dan merekonsiliasi lawan yang tampak (accepting and reconciling apparent opposites); Kemandirian dalam penilaian, pikiran, dan tindakan (independence in judgment, thought and action); Percaya diri dan berani mengambil risiko (self reliance and risk taking); Kesediaan untuk mengambil risiko yang diperhitungkan (willingness to take calculated risks); Ketekunan (persistence); Fleksibel atau memiliki toleransi; Keaslian, dan bebas dari rasa takut gagal serta mau mendengarkan perasaan atau menggunakan intuisi.

Di webinar itu Dwika Lodia juga memberikan tips bagaimana kreatifitas di masa kini agar memiliki keunggulan dibanding dengan pesaing dan mempertahankan eksistensi usaha yaitu harus terus berupaya mencari sesuatu yang baru dan mengembangkan apa yang sudah ada agar menjadi lebih baik. Kedua, seorang wirausahawan harus memastikan bahwa kreativitas yang telah usang, harus ada solusi yang lebih kreatif lagi. ” Para peneliti mengatakan bahwa kreatifitas menyangkut keputusan-keputusan tentang apa yang dinginkan, dan bagaimana melakukannya dengan lebih baik. Jadi itu melibatkan sebuah proses, bukan hanya melihat hasil akhir yang diharapkan, sehingga kita tidak perlu merasa sangat terbebani untuk menjadi kreatif.”

Dwikoa Lodia berpendapat hambatan-hambatan dalam kreatifitas yaitu kurangnya tujuan dari diri, takut untuk gagal, takut penolakan, tidak berpikir positif, terlalu rasional dan tidak improvisasi.

” Dimasa Pandemi beberapa usaha yang mampu bertahan dan mulai tumbuh yaitu makanan, jasa desain grafis, jual pulsa/paket data, usaha masker, penulis lepas, bisnis hand sanitizer, bisnis sembako, investasi emas, jasa pembuatan video, dan bisnis pakaian,” Ujar Dwika Lodia.

Webinar Kewirausahaan bersama pemuda Rumbai merupakan bentuk pengabdian dosen Fekon Unilak Kepada masyarakat, webinar diikuti juga oleh sejumlah mahasiswa, Dwikoa Lodia berharap dari webinar ini tumbuah wirausaha baru khusunya di Rumbai. (rls)

Baca Juga

Muhaimin Iskandar isi Kuliah Kebangsaan di Umri

Ragamriau.com – Dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, ribuan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau …