Kamis , 23 Mei 2024
Home » Ekonomi » Dosen Fekon Unilak Memang Top, Bantu Kampung Patin Kampar Tentang Pelaporan Keuangan Berstandar

Dosen Fekon Unilak Memang Top, Bantu Kampung Patin Kampar Tentang Pelaporan Keuangan Berstandar

 

Ragam Riau–Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning Pekanbaru memiliki kepedulian dengan pelaku usaha mikro kecil menengah, kepedulian dilakukan dalam bentuk sosialisasi dan pelatihan tentang standar pelaporan keuangan kepada Usaha Pengembangan Budidaya Patin Kampar Graha Pratama Fish Kampung Patin beberapa waktu lalu.

Kegiatan yang dilakukan merupakan bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat. Tim dosen Fekon yang membantu sebagai ketua Inova Fitri Siregar.,SE.,M.Ak.Ak.CA dengan anggota Dr.Rinayanti Rasyad.,SE.,MM.Ak.,CA dan Dini Onasis.,SE.,MM.Ak.CA. Dengan peserta yaitu pegawai dan pemilik CV Graha Pratama Fish.

Dikatakan Inova dalam keterangan tertulis, Selasa(05/07/2022) pengabdian yang dilakukan bertujuan membantu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun. Secara umum program ini dirancang oleh berbagai universitas yakni kampus Lancang Kuning untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa Indonesia, khususnya dalam mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan bagi pelaku usaha kampung patin Graha Pratama Fish.

” Kegiatan pengabdian ini mengusung tema “Pencatatan Akuntansi Sederhana Dan Pelaporan Keuangan Pada Usaha Pengembangan Budidaya Patin Kampar Graha Pratama Fish Kampung Patin”. Dipilihnya tema tersebut yaitu tidak adanya pencatatan sederhana dalam menjalankan usahanya.” ujar Inova yang ahli dalam laporan keuangan ini.

Dikatakan Inova, faktor lainnya adalah tetap dirasa perlu bagaimana sistem informasi data yang akan dijadikan sebagai bukti awal dalam mencatat laporan keuangan. Dalam kaitannya dengan cash flow, pendanaan modal eksternal seperti bantuan pemerintah menjadi lebih penting bagi para pelaku usaha untuk menghadapi tantangan cash flow.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam program ini yaitu; satu, pendampingan peningkatan kemampuan dalam pengetahuan Pencatatan Akuntansi Sederhana Dan Pelaporan Keuangan Pada Usaha Pengembangan Budidaya Patin Kampar Graha Pratama Fish Kampung Patin; kedua, pendampingan dalam pelatihan pencatatan akuntansi sederhana.

Diceritakan Inova bahwa selama kegiatan peserta memiliki semangat dan antusias. ” Harapan mereka, adanya pendampingan berkelanjutan sehingga mereka benar-benar paham dan dapat mengimplementasikan dalam pekerjaan. Dan kita siap membantu dan bekerjasama termasuk dalam bidang lainnya,” ujar Inova yang sering memberikan pelatihan laporan keuangan bagi UMKM ini.

Baca Juga

Muhaimin Iskandar isi Kuliah Kebangsaan di Umri

Ragamriau.com – Dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, ribuan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau …