Selasa , 6 Desember 2022
Home » Ekonomi » Tim Dosen Unilak Pengabdian di SD 117 Pekanbaru, Ini Yang Diberikan

Tim Dosen Unilak Pengabdian di SD 117 Pekanbaru, Ini Yang Diberikan

Tim Dosen Unilak melakukan pengabdian di SD 117 Pekanbaru. foto dokumentasi dosen Unilak

Ragam Riau– Pandemik virus corona secara tidak langsung memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap aspek kehidupan manusia terutama pada aspek pendidikan. Guru, dan orang tua siswa harus siap menjalankan revolusi 4.0 dalam bidang pendidikan, dimana pembelajaran dilakukan secara online. Seiring dengan terganggunya pembelajaran tatap muka di saat wabah corona, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat dosen Unilak melakukan kegiatan di SDN 117 Rumbai, Pekanbaru berupa pelatihan Google form.

Tim dosen yang pengabdian yaitu Dra. Dian Rianita,M.A, Elvira Asril,M.Kom dan Indah Muzdalifah, M.Pd yang diiktui oleh 15 guru, kepala sekolah dan pustakawan, bulan Agustus lalu yang di gelar secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom.

Menurut ketua Tim Pengabdian Dra. Dian Rianita.MA, tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan sosialisasi dan berbagi ilmu mengenai penggunaan salah satu aplikasi yang dapat memudahkan para guru dalam sistem penilaian atau asseesment pembelajaran yang biasanya dilakukan dikelas dengan menggunakan kertas digantikan dengan menggunakan aplikasi canggih yang dapat diunduh secara gratis di internet.

“ SDN berada  tidak jauh dari  Universitas Lancang kuning masih satu kecamatan yaitu Rumbai. Kami mengucapakan terim kasih kepala sekolah (Hj. Sri Sulastri,M.Pd) dan guru, pustakwan yang telah berkenan menjadi peserta,” ujar Dian.

Dijelaskan Dian, fungsi  google form untuk dunia pendidikan baik, diantaranya  bisa memberikan tugas latihan/ulangan online, mengumpulkan berbagai data siswa/guru, dan lain lain. Saat pelaksanaan  kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi, yang pertama sesi teori dengan narasumber ( Dra. Dian Rianita,M.A) menyampaikan pemahaman tentang pentingnya evaluasi dalam pembelajaran. Materi selanjutnya oleh Elvira Asril,M.Kom yang memberikan pemahaman dan pengenalan tengang Google Form.  Untuk kegiatan pratikum dengan nasasumber Indah Muzdalifah yaitu mempraktikkan pembuatan soal dalam google form untuk masing – masing guru. Dan sesi akhir refleksi sebagai feedback kegiatan ini memberikan manfaat dan kontribusi terhadap guru-guru.(rls)

 

Baca Juga

UIR Raih Penghargaan Anugerah Kerjasama Dari Diktiristek

Ragam Riau – Melalui Surat Nomor 7532/E1/HM.01.00/2022, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Ditjen Dikti …