Minggu , 26 September 2021
Home » Ekonomi » Dosen Unilak Sosialisasikan Pemanfaatan Limbah Plastik Bagi Warga Simpang Baru

Dosen Unilak Sosialisasikan Pemanfaatan Limbah Plastik Bagi Warga Simpang Baru

Ragam Riau–Kelurahan Simpang Baru merupakan salah satu Kelurahan yang berada di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Di kelurahan ini sebagian masyarakatnya khususnya ibu-ibu berprofesi sebagai ibu rumah tangga tanpa ada kegiatan sampingan lainnya selain arisan ibu-ibu dan update status facebook ataupun sosmed lainnya.

Untuk membantu Warga Tim Dosen Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning Pekanbaru membantu warga untuk pemanfaatan sampah plastik. Dengan Judul PKM Sosialiasai dan pemahaman tentang pemanfaatan limbah plastik di Kelurahan Simpang Baru Kec Tampan. Kegiatan digelar di aula kantor lurah dan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Tim dosen Fekon Unilak yang terlibat yaitu Reni Farwitawati, SE, M.Ak, Souvya Fitrhire dan Masirun, SE, M.Si. Menurut Reni Farwitawati, dalam rilisnya, Sabtu (3 Juli/07/2021) menyebutkan dimasa pandemi ini tidak sedikit warga Kelurahan Simpang Baru yang kehilangan/berkurang sumber penghasilan.

Dijelaskannya sebagian besar dari warga Kelurahan Simpang Baru mengandalkan mahasiswa sebagai konsumen pengguna jasa mereka, seperti laundry, rumah kost maupun pedagang makanan. Sudah lebih dari setahun perkuliahan dilakukan menggunakan sistem daring, otomatis mahasiswa-mahasiswa pengguna jasa sumber penghasilan warga tidak berada di Pekanbaru. Hal ini mengakibatkan banyaknya warga yang kehilangan sumber penghasilan mereka.

” Kita membantu warga pemanfaatan limbah plastik agar bisa menambah penghasilan keluarga. Barang yang dianggap sebagai limbah tersebut sebenarnya bisa dimanfaatkan dan digunakan sebagai sumber penghasilan keluarga.” ujar Reni.

Ditambahkannya selain itu pemanfaatan limbah plastik juga sebagai solusi untuk menjaga lingkungan hidup menjadi hal yang sangat penting dan mendapat perhatian besar saat ini. Masyarakat belum memahami pemanfaatan limbah plastik untuk menambah penghasilan keluarga.

” Pola yang kami ajarkan yaitu masyarakat dapat mendaur ulang plastik menjadi teknik berkreasi yang kian hari kian digemari, selain mudah dikerjakan, ternyata hobi ini bisa jadi bidang usaha yang sangat potensial.”

Saat sosialisasi pemanfaatan limbah plastik, dibuka oleh lurah Simpang baru. Diikuti oleh ibu ibu rumah tangga. Dikatakan Reni, Lurah Simpang Baru menyambut baik terlaksana pemanfaatan limbah plastik, karena berguna dan memberikan penghasilan tambahan bagi keluarga.

Baca Juga

Satgas Covid 19: PTM Harus Mengutamakan Kesehatan dan Keselamatan Peserta Didik

Ragam Riau– Satgas Penanganan COVID-19 meminta satuan pendidikan menyelenggarakan pembelajaran tatap muka (PTM) secara hati-hati. …