Senin , 26 Juli 2021
Home » Ekonomi » FIA Unilak Dukung Pembentukan Kampung Iklim

FIA Unilak Dukung Pembentukan Kampung Iklim

Ragam Riau– Penguatan kelembagaan kampung iklim perlu didukung oleh semua pihak termasuk dari perguruan tinggi. Hal ini dilakukan oleh Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Lancang Kuning (FIA UNILAK) dalam bentuk pengabdian masyarakat, Selasa (16/3) di Kelurahan Tobek Godang Kecamatan Bina Widya Kota Pekanbaru.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendukung terhadap kebijakan perubahan iklim. Lurah Tobek Godang Yaser Arafat SSos berharap kedepannya jadi juara satu .
“Kendala selama ini hanya kantor yang menumpang sehingga menjadi juara tiga. Padahal lurah baru pemekaran tapi sudah menunjukkan hasil yang bagus dalam program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan” ujar Yaser.

Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Riau Afnan Dharma dalam kesempatan ini mengatakan, menjadi tanggungjawab pihaknya menginisiasi pembentukan kampung iklim. Kelurahan Tobek Godang untuk hal ini sudah berbuat.

“Kami merehabilitasi kawasan diluar kawasan, dengan program diantaranya pemberian bibit. Tahun ini produksi 1.000.500 batang bibit. Kami ingin merubah jenis tanaman dari hanya penghasilan daun menjadi buah yang bermanfaat bagi masyarakat. Bibit yang diberikan layak tanam agar tidak mati di tangan masyarakat,” papar Afnan.

Lebih lanjut dikatakan Staf Ahli Kementerian LHK Dr Afni Zulkfli, program ini guna pengurangan emisi. Harapannya 20 ribu kampung iklim di Indonesia, saat inj baru tercapai 2.725, jauh dari target, maka perlu keterlibatan pihak pihak terkait.

Pendaftaran kampung iklim bisa secara online, tidak mudah bagi kelurahan untuk mendapatkan nya. Kampung iklim minimal di tingkat dusun, maksimal kecamatan. Bisa juga pesantren atau perguruan tinggi.

Komunitas dari kepolisian juga bisa dilibatkan dalam proklim. Namanya hutan komunitas. Hal yang perlu dilakukan adalah bagaimana beradaptasi menghadapi banjir , dan lain-lain.

Dekan FIA UNILAK Alexander Yandra MSi menyatakan dukungannya terhadap kegiatan pengabdian masyarakat dan program kampung iklim. Hal ini sudah dibuktikan dengan disepakatinya Memorandum of agreement dengan Pemerintah Kelurahan Tobek Godang sebagai turunan dari MoU antara Universitas Lancang Kuning dengan Pemerintah Kota Pekanbaru.

“Kita berharap akan ada kegiatan lainnya dalam berbagai bentuk. Apakah diskusi, seminar, kajian akademis,” ujar Alexsander.(rls)

Baca Juga

Pembekalan Mahasiswa KKN UMRI 2021 oleh LPPM

RagamRiau.com — Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) yang akan turun ke tengah-tengah masyarakat harus membawa …