Sabtu , 13 Juli 2024
Home » Peristiwa » Gelombang 4 Meter Ancam Pesisir Cilacap, Masyarakat Dihimbau Waspada

Gelombang 4 Meter Ancam Pesisir Cilacap, Masyarakat Dihimbau Waspada



(Foto: Okozone)

Ragamriau.com — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Cilacap menyatakan kalau gelombang hingga setinggi empat meter mengancam sejumlah pesisir Laut Selatan Jawa mulai Cilacap hingga Yogyakarta.

Untuk itu, warga yang tinggal di pesisir area tersebut diminta untuk selalu waspada dan berhati-hati. BMKG Stasiun Meteorologi Cilacap menyampaikan peringatan dini gelombang tinggi itu berlaku mulai hari ini Sabtu 19 Januari 2019 pukul 07.00 WIB sampai 22 Januari 2019 pukul 07.00 WIB.

“Gelombang setinggi 1,25 sampai 4 meter berpeluang terjadi di perairan Selatan Cilacap, perairan Selatan Kebumen, perairan Selatan Purworejo, dan perairan Selatan Yogyakarta,” ujar prakirawan BMKG Feriharti Nugrohowati, seperti mengutip okezone.com.

Selain itu, kata Dia, gelombang tinggi juga berpotensi terjadi di Samudra Hindia Selatan Cilacap, Samudra Hindia Selatan Kebumen, Samudra Hindia Selatan Purworejo, dan Samudra Hindia Selatan Yogyakarta. Untuk itu, perlu diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

Untuk perahu nelayan, batas aman kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter. Kapal tongkang, kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter. Sementara kapal ferry ,kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.

“Kapal ukuran besar seperti kapal kargo dan kapal pesiar kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas empat meter. Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,”himbaunya. **

Baca Juga

Riau Pertahankan Juara Umum Tiga Kali Berturut-turut di Porwil Sumatera

Pekanbaru-Tirastimes:-Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI resmi ditutup oleh Plt Gubernur Riau Edi Natar Nasution, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *