Kamis , 23 Mei 2024
Home » Ekonomi » Gubernur Syamsuar Akan Boyong Istri, Pejabat hingga Staf ke Jerman

Gubernur Syamsuar Akan Boyong Istri, Pejabat hingga Staf ke Jerman

Gubernur Riau Syamsuar menghadiri acara. foto Humas Riau

Ragam Riau-Gubernur Riau Syamsuar akan melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Jerman pada Oktober 2023 ini. Padahal masa jabatan Syamsuar segera berakhir. Pun, telah menyampaikan pengunduran diri sebagai gubernur karena akan mencalonkan diri sebagai Caleg Golkar untuk DPR RI pada Pemilu 2024.

Gubernur Riau juga akan memboyong sejumlah pejabat, termasuk sang istri, Misnarni. Ada pula nama istri Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy yaitu Tengku Reny Asmaharni dalam daftar yang akan berangkat ke Jerman. Kemudian ada beberapa staf dan ajudan Gubernur Riau.

Kunjungan Syamsuar bersama istri dan para pejabat itu ke Jerman dilakukan saat Provinsi Riau diselimuti kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Bahkan Dinas Pendidikan Riau sudah mengeluarkan surat edaran terkait sekolah daring untuk daerah yang kualitas udaranya tidak sehat.

Dikutip dari cakaplah.com, kunjungan kerja ke luar negeri itu, dalam rangka menindaklanjuti kerjasama Pemprov Riau dengan Pemerintah Jerman dalam program Ausbildung, yang dilaksanakan oleh Global Katalyst di bidang pendidikan itu. Kegiatan itu diperkirakan berlangsung seminggu lebih mulai dari tanggal 19 hingga 28 Oktober 2023.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kamsol membenarkan rencana kunjungan kerja ke Jerman tersebut bersama Gubernur Riau dan beberapa pejabat lainnya untuk meninjau program kerjasama.

“Iya, kita ada undangan dari Pemerintah Jerman ke kita untuk melakukan peninjauan terhadap program itu. Jadi rombongan pergi ke Jerman bersama beberapa provinsi lainnya seperti Bangka Belitung,” kata Kamsol

Kamsol menyampaikan, pogram tersebut berbentuk sekolah vokasi dimana mahasiswanya melakukan perkuliahan sambil bekerja. Dimana program itu ditawarkan kepada Indonesia dan beberapa negara lainnya.

“Saat ini Kementerian Pendidikan juga menyiapkan hal yang sama. Jadi program ini kuliahnya gratis dan mereka digaji untuk kehidupan sehari-harinya,” sebutnya.

Kemudian tahap kedua, pihak Pemerintahan Jerman akan menentukan 10 SMA dan SMK di Riau yang akan masuk ke Program Internasional Program (IP).

Adapun syarat dalam mengikuti program ini adalah mampu berbahasa jerman dan berasal dari sekolah yang temasuk ke dalam International Program (IP).

“Untuk jatah Riau ada 10 SMA dan 10 SMK yang tersebar di 12 kabupaten kota,” sebutnya.

Kamsol menambahkan, nantinya akan ada 4 sekolah unggul yang akan dibina terlebih dahulu sebelum mengikuti program tersebut. Diantaranya adalah SMA Plus, SMA Pintar, SMK Pertanian, dan Sekolah Islamic Centre Siak.

“Karena ini kan masa depan anak-anak Riau juga, apalagi dapat pendidikan diluar negeri dimana akan merubah mindest mereka dan karakternya juga akan berubah karena mengikuti kedisiplinan dunia kerja di Eropa itu,” tutupnya.

Awalnya, direncanakan ada 17 orang yang akan berangkat ke Jerman. Namun belakang dikurangi menjadi 11 orang.

Berikut 11 nama pejabat dan staf Pemprov Riau yang akan kunker ke Jerman:

1. Gubernur Riau Syamsuar
2. Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy
3. Kepala Disnakertrans Riau Imron Rosyadi
4. Kadis Pendidikan Riau Kamsol
5. Kepala Biro Hukum Elly Wardhani
6. Kabid SMK Arden Semeru
7. Kabag Protokol Slamet Haryady
8. Ajudan Gubernur Riau Raja Jeihan
9. Istri Gubernur Riau Misnarni
10. Istri Asisten I Tengky Reni Azmahrani
11. Ilham Affandi Travel Perjalanan(sumber:cakaplah/ddk)

Baca Juga

Muhaimin Iskandar isi Kuliah Kebangsaan di Umri

Ragamriau.com – Dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, ribuan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau …