Selasa , 6 Desember 2022
Home » Ekonomi » Harga TBS Kembali Anjlok

Harga TBS Kembali Anjlok


Ragamriau.com — Masyarakat sangat mengharapkan sekali pasca pemilu ini harga TBS bisa naik. Tapi fakta di lapangan terbalik, harga TBS yang terjadi saat ini sepertinya tidak bersahabat.

“Ini terbukti usai pelaksanaan Pemilu Presiden (Pilpres) dan Pemilu Legislatif (Pileg), harga TBS kelapa sawit petani yang sudah sempat merangkak naik menjadi Rp 1.100/kg di tingkat petani, kini kembali turun,” sebut Herman, salah seorang petani sawit di Kecamatan Mempura, Selasa 7 Mei 2019.

Dia mengisahkan, sejak sepekan belakangan harga TBS kelapa sawit tinggal Rp900 – Rp950/kg di tingkat petani. Kondisi itu membuat petani kelapa sawit di daerah ini menjadi menjerit dibuatnya. Soalnya harga sembako dan kebutuhan pokok lainnya memasuki bulan suci Ramadhan, telah mengalami kenaikan tanpa bisa dibendung.

“Harga kebutuhan pokok memasuki bulan suci Ramadan telah mengalami kenaikan. Sementara kondisi petani sawit semakin terpuruk, karena harga sawit turun. Artinya ada kesan pemerintah tidak berperan untuk menstabilkan harga kelapa sawit maupun harga sembako,” ketusnya.

Sementara, menurut salah seorang agen pengumpol TBS kelapa sawit petani, Bukhari, mengakui harga kelapa sawit turun. “Harga jual kita ke pabrik kelapa sawit juga turun, terpaksa kita menurunkan harga juga dalam membeli buah kelapa sawit petani,” ucapnya.

Dia juga mengaku tidak tau apa penyebab turunya harga kelapa sawit tersebut. Selain harga sawit di pabrik turun, juga banyak sortir.

“Kondisi harga kelapa sawit turun seperti ini, tidak saja petani yang menjerit, kami selaku agen pengumpul juga menjerit, karena pabrik banyak melakukan sortir, terutama buah yang masaknya tidak sempurna maupun tanda buah yang kecil kecil,” pungkasnya. (jas)

Baca Juga

UIR Raih Penghargaan Anugerah Kerjasama Dari Diktiristek

Ragam Riau – Melalui Surat Nomor 7532/E1/HM.01.00/2022, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Ditjen Dikti …