Kamis , 3 Desember 2020
Home » Politik » Hindari Syak wasangka, Pemerintah Diminta Jelaskan One Channel Model

Hindari Syak wasangka, Pemerintah Diminta Jelaskan One Channel Model


Ragamriau.com, Jakarta — Anggota Komisi IX DPR RI Mafirion menyatakan penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke Arab Saudi melalui One Channel Model bukan dimaksudkan untuk membangun suatu monopoli kegiatan, tetapi implementasi dari pilot project penempatan PMI yang sesungguhnya dibangun antara Pemerintah Arab Saudi dengan Indonesia.

Mafirion menegaskan hal tersebut dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi IX DPR RI dengan jajaran Eselon I Kementerian Ketenagakerjaan RI, di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (14/01/2019).

“One Channel adalah hubungan Pemerintah Arab Saudi dengan Pemerintah Indonesia. Untuk pelaksanaannya, Pemerintah memberikan kewenangan kepada sejumlah perusahaan yang sudah lulus verifikasi,” kata Mafirion.

Penempatan PMI melalui sistem One Channel Model lanjutnya, substansinya untuk memastikan aspek perlindungan bagi semua PMI.

“Pemerintah harus menjelaskan ini kepada publik agar tidak ada syak wasangka yang buruk,” tegas politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Selain itu, rapat juga membahas sistem penempatan satu kanal (SPSK), sehingga mendorong penempatan dan perlindungan PMI yang terintegrasi secara online antara Pemerintah Indonesia dengan Kerajaan Arab Saudi, dimulai dari informasi, pendaftaran, seleksi, penempatan, dan pemulangan yang berada di bawah kendali Pemerintah Indonesia.

Pelaksanaan sistem SPSK, melalui hubungan kerja resmi antara PMI dengan agensi penempatan di Kerajaan Arab Saudi (syarikah). “Hal yang perlu diinformasikan secara massif ke publik adalah sistem penempatan satu kanal tidak membebankan biaya dalam bentuk apapun kepada pekerja migran Indoensia,” ungkap wakil rakyat dari daerah pemilihan Provinsi Riau II itu.

Selain itu, yang menjadi perhatian adalah penempatan PMI untuk jabatan housekeeper, baby sitter, family cook, elderly caretaker, family driver, dan child care worker dilakukan secara bertahap sejak diluncurkannya sistem penempatan satu kanal dan disesuaikan dengan ketersediaan dan permintaan PMI. (bam)

Baca Juga

Ini Alasan Kasmarni Bagus Pilih Hari Jumat untuk Mendaftar di KPU Bengkalis

BENGKALIS — Pasangan Kasmarni-Bagus memilih hari ini Jumat 4 September 2020 sebagia hari untuk mendaftarkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.