Kamis , 23 Mei 2024
Home » Ekonomi » Jelang Libur Nataru, Pusat Keramaian Jadi Sasaran Pengawasan Prokes

Jelang Libur Nataru, Pusat Keramaian Jadi Sasaran Pengawasan Prokes

BPBD Pekanbaru membagikan masker di SMP. foto BPBD/ilustrasi

Ragam Riau—Pemerintah Kota Pekanbaru terus berupaya untuk menekan kasus Covid 19, mengantisipasi lonjakan terjadinya peningkatan kasus baru Covid 19 dan terjadinya kerumunan saat libur natal dan tahun baru, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekanbaru akan melakukan peningkatan pengawasan penerapan protokol kesehatan di pusat pusat keramaian.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Satpol PP Pekanbaru Iwan Samuel Parlindungan Simatupang. Peningkatan,Selasa (14/12/2021). “Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2 saat ini lebih meningkatkan pengawasan penerapan protokol kesehatan (prokes) di pusat-pusat keramaian.

Dikatakannya untuk pengawasan prokes, sekarang kita lebih banyak ke tempat-tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan seperti pasar,” kata Iwan Samuel.
Dikatakanya lagi pengawasan prokes sendiri, dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) operasi ketentraman dan ketertiban umum (trantibum). “Jadi pengawasannya secara parsial saja, tidak lagi melakukan operasi gabungan Yustisi seperti PPKM level IV lalu,” ucapnya.
Mengingat status Kota Pekanbaru kembali naik dari PPKM level 1 ke level 2, lanjut Iwan, pelaku usaha dan warga tetap dihimbau agar disiplin menerapkan prokes.
“Bagi yang melanggar akan kita tindak sesuai aturan berlaku. Tapi saat ini penindakan lebih kepada pembinaan seperti teguran lisan dan tertulis,” tutupnya.
Terkait dengan mobilitas masyarakat dari dan ke Pekanbaru Iwan mengatakan hingga saat ini belum ada rencana untuk  penyekatan  di  pintu  masuk  saat  libur  Nataru.
“Belum ada instruksi untuk dilakukan penyekatan di perbatasan. Belum ada penyekatan,pada saat nataru penyekatan akan dilakukan pada beberapa ruas jalan dalam kota oleh Satlantas Polresta Pekanbaru dalam operasi lilin yang bakal digelar. (wid)

Baca Juga

Muhaimin Iskandar isi Kuliah Kebangsaan di Umri

Ragamriau.com – Dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, ribuan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau …