Kamis , 23 Mei 2024
Home » Ekonomi » Kolaborasi Dosen Unilak dan Unri Bangun Taman Bacaan Untuk Warga

Kolaborasi Dosen Unilak dan Unri Bangun Taman Bacaan Untuk Warga

Kolaborasi dosen Unilak dan Unri bantu warga dengan bangun taman bacaan. foto Dokumentasi dosen

Ragam Riau—Berlokasi di Jalan Taman Karya Ujung, tepatnya di RW 13 Kelurahan Tuah Karya yang merupakan salah satu RW yang berada di perbatasan Kota Pekanbaru dengan Kabupaten Kampar, telah selesai dibangun taman bacaan baru bagi warga Perumahan Alamanda II RT 4 RW 13.

Taman bacaan yang diberi nama Hikari atau dalam bahasa Indonesia berarti “Cahaya” merupakan hasil pengabdian dari dua orang lulusan Jepang, yaitu Dr. Indra Purnama, M.Sc dan Anisa Mutamima,  M.Eng. Dalam menyelesaikan desain taman bacaan Hikari, dua orang dosen tersebut dibantu oleh dosen Arsitektur Universitas Lancang Kuning, Wati Masrul, ST., MT.

Dr. Indra saat dikontak pada Ahad (24/10) merasa bahagia karena ia dan tim berhasil membangun taman bacaan yang bisa menjadi tempat masyarakat mencari ilmu, terutama anak-anak dalam belajar membaca, menulis, berhitung dan mengenal dunia. “Meskipun berlokasi di Kota Pekanbaru, yang notabene merupakan salah satu kota besar di Pulau Sumatera, hingga saat ini masih banyak terdapat warga yang buta huruf dan anak-anak yang putus sekolah di lingkungan RW 13.

Hal ini lah yang kemudian mendorong kami mewujudkan taman bacaan atau pustaka bagi warga Perumahan Alamanda II khususnya, dan warga di sekitar RW 13 secara umum,” kata Dr. Indra yang merupakan Ketua RW 13 dan juga sekaligus seorang dosen di Universitas Lancang Kuning.

Ditambah lagi, sejak pandemi Covid-19 mewabah di seluruh dunia khususnya di Indonesia, hampir seluruh kegiatan pendidikan dilaksanakan dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Fasilitas umum di lingkungan RW 13 Kelurahan Tuah Karya dipadati oleh anak-anak usia sekolah yang jenuh dengan sistem pembelajaran selama pandemi. Alih-alih belajar di rumah dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh para guru di sekolah, mereka lebih memilih menghabiskan waktu dengan berkumpul-kumpul sambil bermain gawai, bahkan hingga ada yang melakukan kegiatan negatif lainnya, seperti merokok bersama-sama.

Melihat kondisi tersebut, Dr. Indra bekerja sama dengan beberapa warga untuk menginisiasi pembentukan Taman Baca Hikari sejak Januari 2020 dengan memanfaatkan ruangan yang ada di mushala Perumahan Alamanda II, berukuran 2,5 x 3 meter persegi.

Sejak diresmikan, Taman Baca Hikari telah melakukan berbagai kegiatan yang berperan dalam meningkatkan minat baca dan literasi warga, diantaranya program belajar membaca, menulis, menghitung, mendongeng bersama, membuat prakarya, dan belajar bahasa asing. “Banyak sekali program-program yang ingin kami lakukan, namun kondisi pandemi ini membuat kami khawatir. Apalagi bangunan perpustakaan tergolong kecil. Banyak yang harus disiasati dan dipikirkan pada waktu awal-awal pandemi”, ujar Anisa Mutamima, M.Eng., pengelola Taman Baca Hikari yang juga dosen di Universitas Riau.

Dalam pada itu, mempertimbangkan kebermanfaatan taman baca yang begitu besar untuk warga, Dr. Indra dengan bantuan dari Wati Masrul, S.T., M.T., dosen Program Studi Arsitektur Universitas Lancang Kuning membuat desain taman baca yang lebih luas dan dapat dijadikan sebagai ruangan multifungsi, serta membuat desain yang dapat mengintegrasikan fungsi fasilitas umum Perumahan Alamanda II yang bertemakan ruang terbuka hijau (RTH).

Mengacu pada desain yang terlah dibuat, dengan bantuan dan dukungan dari Universitas Lancang Kuning, Pelita Indonesia Education Fund (PIEF) Jepang (organisasi bentukan masyarakat Indonesia di Jepang yang peduli dengan pendidikan), donator yang merupakan rekan Dr. Indra dan Anisa Mutamima, M.Eng, serta urunan beberapa warga, bangunan baru Taman Baca Hikari sebentar lagi bisa dimanfaatkan oleh warga.

Sedangkan pembangunan RTH masih dalam proses mencari dana. Proses pembangunan ini mendapatkan respon yang sangat baik dari warga, “Semoga Taman Baca Hikari dan RTH nantinya bisa menjadi tempat aktivitas ya,” ujar Dr. Indra

Baca Juga

Muhaimin Iskandar isi Kuliah Kebangsaan di Umri

Ragamriau.com – Dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, ribuan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau …