Minggu , 18 April 2021
Home » Lain lain » Koramil 10/ Kds Laksanakan Upaya Pengandalian Karhutla Berbasis Desa

Koramil 10/ Kds Laksanakan Upaya Pengandalian Karhutla Berbasis Desa

Ragamariau.com — Koramil 10/Kds Kodim 0313/KPR Melihat kondisi hotspot terakhir dimana jumlah hotspot mengalami penurunan tidak menyurutkan pelaksanaan upaya-upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

TNI dari Koramil 10/Kds yang di pimpin oleh Peltu Samsu Anwar dan Manggala Agni tetap melakukan patroli dan sosialisasi kepada masyarakat di sekitar lokasi rawan karhutla dan juga melakukan koordinasi dengan pihak lainnya terhadap – upaya pengendalian karhutla tersebut.

Kegiatan utama dalam upaya pencegahan karhutla adalah melalui patroli terpadu dimana patroli ini merupakan salah satu terobosan dalam pelibatan berbagai pihak dan upaya di dalam pencegahan karhutla.

Untuk melaksanakan kegiatan patroli terpadu dibentuk tim untuk setiap wilayah yang beranggotakan 10 (sepuluh) orang TNI, Dinas terkait di daerah, anggota POLRI, dan tokoh masyarakat yang bisa juga oleh Masyarakat Peduli Api (MPA). Patroli dilakukan dengan menggerakkan Tim Patroli Pencegahan Terpadu secara bergilir pada sasaran terpilih, menggunakan kendaraan roda 2 (dua) untuk mencapai tujuan.

Dalam pelaksanaan harian Patroli dilaksanakan beberapa kegiatan antara lain: melakukan koordinasi dengan aparat desa setempat; mendatangi sasaran terpilih dan memberikan sosialisasi, penyuluhan serta membagikan brosur,dan sebagainya mengumpulkan informasi terkait kebakaran hutan dan lahan; memetakan kondisi desa baik fisik maupun permasalahan di bidang kebakaran hutan dan lahan; memantau kondisi lingkungan melakukan pemadaman awal pada saat menemukan kebakaran awal dan melaporkan hasil pelaksanaan tugas patroli.

Berdasarkan data oleh Satgas Karhutla dapat dilihat juga penurunan yang cukup signifikan dari wilayah yang melaksanakan patroli. Sebagai contoh data pemadaman oleh Satgas Karhutla.

Pelaksanaan patroli sebagai bentuk sinergitas berbagai pihak, terlihat pada kegiatan untuk meningkatkan sinergi dan koordinasi dalam pencegahan karhutla serta berbagi informasi mengenai pelaksanaan di lapangan. Demikian di sampaikan oleh Peltu Samsu Anwar.

Hal ini dapat dilihat dari personil patroli Satgas Karhutla yang melibatkan anggota TNI, POLRI, dan juga masyarakat untuk turun bersama-sama ke masyarakat memberikan sosialisasi dan juga melalukan antisipasi dini dalam penanggulangan karhutla di wilayah-wilayah rawan karhutla. (rls)

Baca Juga

Jika Belum Ada Anggaran, DPRD Minta Tiang Reklame Ilegal Disegel Dulu

Ragamriau.com — Walikota Pekanbaru instruksikan OPD terkait tiang reklame yaitu Satpol PP dan Bapenda Pekanbaru …