Jumat , 25 September 2020
Home » Peristiwa » Lewat SMS, BNPB Imbau Semua Orang Ambil Jarak 1 Meter Agar Tak Tertular Corona

Lewat SMS, BNPB Imbau Semua Orang Ambil Jarak 1 Meter Agar Tak Tertular Corona

Warga diperiksa dengan alat pengukur suhu badan saat akan masuk mal pelayanan publik pemko Pekanbaru. BNPB menghimbau warga untuk dapat saling menjaga jarak minimal 1 meter

RagamRiau-  Lewat SMS blast,Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengirim imbauan kepada warga se-Indonesia. Untuk mencegah penularan virus Corona, jauhi jarak Anda dengan orang lain minimal 1 meter.

“Agar terhindar dari penyebaran COVID-19: Hindari kerumunan serta jarak orang dengan orang di manapun berada harus lebih dari 1 meter,” demikian bunyi SMS yang diterima banyak orang, Senin malam (16/3/2020).

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Agus Wibowo Soetarno menjelaskan perihal SMS ini. Ini bukan SMS hoax, melainkan asli dari BNPB yang bekerja sama dengan penyedia jasa layanan telekomunikasi.

Dasar imbauan mengambil jarak lebih dari 1 meter adalah protokol Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), juga imbauan Kementerian Kesehatan RI. Jarak 1 meter adalah jarak rata-rata loncatan cairan mulut dan hidung (droplet) yang keluar lewat batuk hingga bersin. Droplet bisa membawa virus Corona sehingga bisa berisiko menularkan COVID-19.

“Virus itu ditularkan lewat droplet, cipratan dari mulut, hidung, pilek, batuk, itu jaraknya 1 meter. Ini juga bagian dari social distancing,” kata Agus.

Selain imbauan untuk menjaga jarak antar orang, BNPB juga memperpanjang status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona di Indonesia hingga 29 Mei 2020 yang tertuang dalam surat keputusan Kepala BNPB no 13.a tahun 2020 yang di tandatangani oleg Doni Monardo

Baca Juga

Pesut Sepanjang 2 Meter Berhasil Dievakuasi

RagamRiau-Evakuasi Pesut/lumba-lumba air tawar/Irrawaddy Dolphin (Orcaella brevirostris) di Pelalawan, tepatnya di Desa Segati, Kec. Langgam, …