Senin , 22 April 2024
Home » Ekonomi » Majukan Pendidikan di Riau dan Kepri, UIS Jalin Kerjasama dengan Unilak

Majukan Pendidikan di Riau dan Kepri, UIS Jalin Kerjasama dengan Unilak

UIS Batam dan Unilak Jalin Kerjasama. foto Widiarso/humas Unilak

Ragam Riau–rogram Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang digagas Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi membuka peluang besar kolaborasi antar perguruan tinggi untuk maju secara bersama-sama.

Hal ini dapat dilihat dari apa yang dilakukan oleh Universitas Ibnu Sina (UIS) Batam yang melakukan kunjungan ke Universitas Lancang Kuning Pekanbaru untuk dapat belajar apa yang telah dilakukan oleh Unilak, Selasa (14/12/2021).

Dalam kunjungan ini juga dilakukan penandatanganan kerjasama yang di lakukan oleh Rektor Unilak Dr Junaidi MHum dan Rektor UIS Dr H Mustaqim Syuaib SE MM di ruang VIP gedung Pustaka Unilak.

Penandatanganan turut dihadiri Direktur Pascasarjana Prof Dr Syafrani, Wakil Rektor I Zamzami MKom, Wakil Rektor II Hardi SE. MM, dan sejumlah dekan dan dosen di lingkungan Unilak.

Rekor UIS diawal sambutannya  mengatakan, UIS yang dibangun dari penggabungan tiga perguruan tinggi pada tahun 2019. Tiga tiga perguruan tinggi itu adalah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE), Sekolah Tinggi Teknik (STT) dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) yang bernuang dibawah Yayasan Pendidikan Ibnu Sina Batam (Yapista).

“Kehadiran di Unilak, UIS ingin belajar dan bekerja bersama-sama. Kami melihat Unilak maju dan baik. UIS berkomitmen kuat untuk berkembang baik kualitas akademis maupun infrastruktur dan saat ini Pascasarjana UIS juga sudah berdiri,  kerjasama dengan Unilak bisa bertukar dosen, bertukar mahasiswa juga,” ujar Mustaqim.

Sementara Dr Junaidi menyambut baik atas kunjungan yang dilakukan oleh UIS Batam.

“Kami siap bermitra, saat ini Pascasarjana Unilak sedang menggesa pendirian prodi baru, saat ini telah berdiri dua prodi yaitu  magister manajemen dan magister ilmu hukum dengan akreditasi B. Untuk S1 juga sedang digesa pendirian prodi baru. Saat ini kekuatan kita adalah kerjasama baik sesama kampus maupun dunia industri dan pemerintah,” ujar Dr Junaidi.

Kerjasama dengan Perguruan tinggi dapat saling mendukung bisa bertukar dosen, bertukar materi perkuliahan dan kemajuan teknologi saat ini dapat dilakukan secara daring.

“Kedepan dengan adanya Mou ini juga bisa bekerjasama dengan mengadakan kuliah umum, penelitian bersama, pertukaran jurnal, pertukaran dosen, publikasi artikel ilmiah,” ujar Dr Junaidi.

Usai penandatanganan kerjasama dua pimpinan institusi ini, kemudian melanjutkan dengan diskusi singkat

Baca Juga

Muhaimin Iskandar isi Kuliah Kebangsaan di Umri

Ragamriau.com – Dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, ribuan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau …