Selasa , 30 November 2021
Home » Ekonomi » Majukan SDM dan Pembangunan Rohil, Unilak Kerjasama Dengan Kepenghuluan Rantau Bais

Majukan SDM dan Pembangunan Rohil, Unilak Kerjasama Dengan Kepenghuluan Rantau Bais

Unilak MoU dengan Kepenghuluan Rantau Bais, Rohil. foto humas Unilak

Ragam Riau–Universitas Lancang Kuning Pekanbaru melakukan kerjasama dengan Kepenghuluan (kepala desa) Rantau Bais Kabupaten Rokan Hilir. Sabtu. 16/10/2021. Penandatanganan dituangkan dalam Memoroundum of Understanding dilakukan oleh Rektor Unilak Dr. Junaidi. M. Hum bersama kepenghuluan Rantau Bais. Yusri Kandar. ST. di kantor serba guna desa. Sabtu(16/10/2021).

Selain penandatanganan MoU juga dilakukan penandatanganan Memoroundum of Agreement (MoA) antar dekan Fakultas Teknik Unilak Dr. Zainuri ST., MT dengan kepenghuluan Rantau Bais, turut hadir Wakil Dekan Ir. Revi.MT, Wakil Dekan II Alfian Saleh, S.T., M.Sc, Kaprodi dan Kepala Urusan Internasional dan Kerjasama Dr. Adolf Bastian.M.Pd.

Kerjasama berkaitan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, pengajaran dan pengabdian masyarakat dalam upaya membantu masyarakat Rantau Bais, baik dalam bidang pemerintahan, SDM dan lainnya.

Sebelum dilakukan penandatanganan kerjasama, Yusri Kandar (kepenghuluan) memperkenalkan potensi dan wilayah Rantau Bais kepada rombongan Unilak, diantaranya pulau Tilan yang memiliki potensi objek wisata andalan, kemduian banguann tua, letak geografis dan lain lain.

Ditemui usai Yusri Kandar menyebutkan, selaku pemangku kepentingan pemerintahan Rantau Bais sangat menyambut baik adanya MoU dan MoA ini, tentu ini bisa bedampak pada perubahan yang baik bagi masyarakat Rantau Bais, baik UMKM, Pariwisata, dll.  Unilak menjadikan Rantau Bais tempat penelitian, tempat pengkajian, ini baik. Sejauh ini MoU baru dilakukan dengan Unilak, ini yang pertama. MoU ini langkah maju bagi Rantau Bais.

” Kami juga memberikan apresiasi atas tawaran pak Rektor yang memberikan kuota kepada anak-anak Rantau Bais yang pintar namun dari keluarga yang kurang mampu untuk dapat kuliah di lancang Kuning. Ini tawaran yang sangat baik, kesempatan baik bagi anak-anak Rantau Bais untuk menuntut ilmu di jenjang perguruan tinggi. terima kasih kepada Pak Rektor, ” ujar Yusri Kandar.

Sementara itu Rektor Unilak Dr. Junaidi.M.Hum menyebutkan sangat senang bisa datang ke Rantau Bais, melakukan kerjasama, saya masih ingat sektiar 10 tahun lalu pernah kesini untuk penelitian bidang sosial, banyak perubahan di Rantau Bais. Kami dari kampus tentu ingin saling memberikan kontribusi, dan ini  sudah diawali oleh Fakultas Teknik, tentu saja kegiatan terkelola lebih baik dengan diwujudkan dalam MoU dan MoA.

” Kalau ada anak kampung  Rantau Bais yang tidak mampu, tapi niat kuat untuk kuliah dan sarjana kami berikan kuota dan berikan beasiswa dengan rekomendasi pak penghulu, tahun depan bisa dikirimkan tiga orang. Berkaitan dengan MoU kerjasama ini bisa dilakukan dengan kegiatan pelatihan, sosialisasi dan lainnya, tentunya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan warga Rantau Bais, silahkan diusulkan kegiatan yang diperlukan dari warga Rantau Bais ke Unilak, ” ujar Rektor Unilak.

Usai melakukan penandatangan kerjasama Rektor Unilak dan rombongan turut meninjau Pulau Tilan, selain itu juga berdialog dengan tokoh agama Rantau Bais, serta melihat bangunan tua dan unik seperti Suluk yang telah berusia diatas 80 tahun, kemudian dilanjutkan shalat zuhur berjemaah di Mesjid Raya Rantau Bais.

Baca Juga

Prof Edi Suandi: Implementasikan Ilmu yang Diperoleh untuk Kemaslahatan Ummat

Ragamriau.com — Wakil Ketua Majalis Dikti Litbang PP Muhammadiyah, Prof Dr Edi Suandi Hamid, M.Ec, …