Minggu , 16 Juni 2024
Home » Pendidikan » Milad ke-61 Universitas Riau, Rektor Sampaikan Sejumlah Prestasi

Milad ke-61 Universitas Riau, Rektor Sampaikan Sejumlah Prestasi

Ragam Riau-Universitas Riau (UR) memasuki usia ke-61. Kampus negeri ini semakin tumbuh, berpengalaman, dan memperoleh beberapa capaian prestasi baik di tingkat lokal, nasional, maupun Internasional.

“Pada usia yang mencapai 6 dekade ini UR tentu tidak bisa dikatakan muda lagi. Namun, jika dibandingkan dengan universitas lain yang telah berkiprah di dunia pendidikan, tentu UR tidak bisa dikatakan terlalu tua,” kata Rektor UR, Sri Indarti saat merayakan Milad ke-61 UR di halaman Open Space Universitas Riau, Pekanbaru, Rabu (27/9/2023).

Ia menjelaskan capaian yang telah diraih UR, khususnya dalam beberapa tahun terakhir. Berdasarkan hasil Unirank, UR menduduki posisi ke 17 dari 1827 PTN yang ada di Indonesia.

“Selain itu, untuk jumlah akreditasi unggul dari yang tadinga belum ada, di tahun 2023 jumlah akreditasi yang unggul bertambah 7 prodi,” jelasnya.

Kemudian, untuk jumlah guru besar di tahun 2022 sebanyak 86 orang, kemudian di tahun 2023 berjumlah 96 orang. “Kerja sama internasional, dari 4 menjadi 11, pada tahun 2023 menjadi 15 kerja sama internasional dengan 300 lebih kerja sama nasional dan 52 kerja sama regional,” kata Sri Indarti.

Ia mengucapkan terima kasih yang tinggi disampaikan kepada seluruh civitas akademika atas prestasi yang telah diraih UR selama ini. “Terima kasih telah bekerja keras, berjuang untuk memajukan nama baik UR, lompatan yang terjadi khususnya 8 bulan terakhir jadi momentum yang sangat berharga bagi kita semua,” ucapnya.

“Mari kita kuatkan tekad dan semangat agar dapat meningkatkan capaian kinerja sehingga UR semakin berkembang dsn berada di posisi yang lebih tinggi lagi dalam kerjasama pendidikan di dunia,” tambah Sri

Menurutnya, di masa yang akan datang, tantangan dunia pendidikan akan lebih berat lagi. Untuk membuat UR sebagai universitas terdepan dan Perguruan Tinggi Berbadan Hukum atau PTN BH yang mandiri dan otonomi tentu harus ada upaya bersama mewujudkan hal tersebut.

“Untuk membuat UR menjadi world class university harus kita rancang sebaik mungkin. Kita juga bisa memperbesar kontribusi dengan harmonis dan potensi yang sinergis serta diimplementasikan secara optimal menjadi faktor penentu kita untuk mewujudkan cita cita yang telah kita sepakati bersama dan telah kita tandatangani fakta integritasnya,” sebutnya.

Sementara itu, mewakili Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, atas nama Pemerintah Provinsi Riau, Staf Ahli Hukum dan Pemerintah Yurnalis mengucapkan selamat Milad ke-61 UR pada hari ini.

“Angka 61 ini sudah cukup tua, kurang lebih sudah setengah abad. Jadi, artinya untuk ke depan kami harap UR bisa lebih banyak membentuk mahasiswa yang berpotensi atau menjadi calon pejabat-pejabat penting di daerah,” katanya

“Sebab, makin tua usia universitas ini, maka tanggungjawab kita untuk membentuk SDM yang berkualitas semakin kuat. Karena, persaingan untuk turun ke dunia pekerjaan kedepannya semakin ketat,” ujarnya.(mcr/ddk)

 

Baca Juga

Muhaimin Iskandar isi Kuliah Kebangsaan di Umri

Ragamriau.com – Dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, ribuan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau …