Senin , 22 April 2024
Home » Ekonomi » Panitia Terapkan Prokes, Gubri Tinjau Vaksinisasi Di Masjid Raya Agung Annur

Panitia Terapkan Prokes, Gubri Tinjau Vaksinisasi Di Masjid Raya Agung Annur

Gubri dan Kapolda meninjau vaksinasi di Mesjid Agung Annur.ft heru

Ragam Riau–Gubernur Riau Syamsuar bersama Kapolda Riau Irjen Agung Setia Imam Efendi dan Forkopimda Riau lainnya, meninjau vaksinansi Merdeka Polda Riau, pada Selasa (7/9/2021) ini digelar di empat lokasi. Satu diantara lokasinya yaitu di Masjid Raya Agung Annur di Kota Pekanbaru. Panitia menyediakan 2.000 dosis vaksin.Selasa (7/9/2021).

Pelaksaanaan vaksinasi menerapkan protokol kesehatan,setiap panitia, petugas kesehatan dan masyarakat menggunkan masker, tiap meja tersedia hands sanitizer dan saling menjaga jarak. Saat meninjau orang nomor satu di Riau ini didampingi oleh Kapolda Riau Irjen Agung Setia Imam Efendi mengatakan. Dikatakanya pihaknya mengoptimalkan pemberian vaksin kepada masyarakat agar disalurkan kepada masyarakat.

“Empat lokasi vaksinisasi merdeka hari ini, tiga diantaranya di Kota Pekanbaru dan satu lagi dilakukan di Kabupaten Kuansing,” kata Perwira bintang dua ini Selasa (7/9/2021).

Dijelaskan Agung, hari ini menyediakan total 5.150 dosis vaksin dengan keterlibatan 210 tenaga vaksinator baik dari Polri, TNI dan Dinas Kesehatan.

Saat pelaksanaannnya, Forkompinda turut mengikuti video conference bersama Presiden RI Joko Widodo. Presiden dua periode ini, turut meminta agar setiap daerah dapat melakukan percepatan pemberian vaksin kepada masyarakat dan segera berkoordinasi kepada kementerian kesehatan, bila kekurangan distribusi vaksin.

“Seluruh daerah agar menggesa pemenuhan target vaksin 75 persen dari jumlah warga yang ada,” kata Jokowi.

Sementara itu, Kapolda menyampaikan, bahwa dari 6.394.087 jumlah penduduk Provinsi Riau, pihaknya bersama Pemerintah Provinsi Riau menargetkan bagi 4.478.860 masyarakat.

Dari target itu, lanjut Agung, di Provinsi Riau, sudah diberikan vaksin sebanyak 1.886.969 orang atau telah mencapai 42 persen dari total jumlah masyarakat.

“Ini akan terus kita optimalkan agar pencapaian target bisa dipercepat,” yakin Agung.

Agung mengatakan, mengikuti vaksinasi ini akan membentuk kekebalan kelompok (herd immunity) sehingga angka penyebaran Covid-19 bisa ditekan.

Kemudian, patokan lainnya adalah angka positivity rate, di mana perbandingan antara jumlah kasus positif Covid-19 dengan jumlah tes yang dilakukan.

“Kita lihat tren positif Covid-19 di Provinsi Riau dengan positivity terus menurun dari 31 persen di awal Agustus dan menurun sampai awal September menjadi 6 persen,” ungkapnya.

Lebih lanjut, jelas Irjen Agung, kegiatan vaksinasi akan terus dimaksimalkan pelaksanaannya, untuk mencapai target harian yaitu sebanyak 19.000 dosis setiap harinya, yang akan dilakukan oleh Polda Riau dan jajaran.

Untuk mendukung target ini, Agung mengatakan, di gedung vaksinasi center milik Polda Riau, bisa melayani 3.000 orang yang ingin divaksin setiap harinya.

“Kami juga mempercepat vaksinansi, dengan sistem antar jemput bagi kalangan lanjut usia (Lansia), vaksin door to door serta kegiatan vaksinasi kolaborasi dengan paguyuban, Ormas dan universitas serta mendorong pelaksanaan vaksinasi gotong royong di perusahaan,” ungkapnya.

Menurut Agung, vaksinasi serentak hari ini, ada 5.150 dosis disediakan, di mana 2.000 vaksin di Masjid Raya An Nur, di Gereja GBI Rayon 11 sebanyak 2.000 dosis, di Ponpes Al Mujtahadah Pekanbaru sebanyak 650 dosis, serta di Ponpes KH Ahmad Dahlan Kabupaten Kuantan Singingi sebanyak 500 dosis.(wid)

 

Baca Juga

Muhaimin Iskandar isi Kuliah Kebangsaan di Umri

Ragamriau.com – Dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, ribuan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau …