Rabu , 24 April 2024
Home » Pendidikan » Pemeringkatan Webomatrics, UMRI Pertahankan Peringkat I PTS Terbaik di Riau

Pemeringkatan Webomatrics, UMRI Pertahankan Peringkat I PTS Terbaik di Riau

PEKANBARU (RagamRiau.com) — Berdasarkan pemeringkatan dari The Webomatrics Ranking of World Universities versi Januari 2021, Universitas Muhamamdiyah Riau (UMRI) masih berada di peringkat pertama (1) untuk kategori Perguruan Tinggi Swasta di Riau, sama dengan hasil yang diperoleh pada pemeringkatan versi Juli 2020 lalu.

Sementara untuk dunia, pada versi Juli 2020 webometric berada diposisi 223, dan pada versi Januari 2021 ini naik menjadi 215. Untuk perguruan Tinggi yang ada Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2DIKTI) Wilayah X meliputi Riau, Sumbar, Jambi dan Kepri, UMRI berada di peringkat 2, dibawah Universitas Internasional Batam.

“Dan untuk keseluruhan Perguruan Tinggi se Riau (Negeri dan swasta), kita diposisi Tiga dibawah Unri dan UIN Suska Riau,” jelas Rektor UMRI, DR H Mubarak MSi, didampingi wakil Rektor I Sri Fitria Retnawaty, S.Si, MT, dan Wakil Rektor II Bakaruddin, SE, MM Sabtu 30 Januari 2021, di kampus Ahmad Dahlan, Pekanbaru.

Rektor MUbarak menyebut, prestasi yang diraih UMRI tersebut tentunya patut dibanggakan, dan menunjukkan kualitasn dan kuantitas UMRI tidak berkurang, meski ditengah kondisi pandemi Corona yang melanda bangsa Indoensia dan Dua pada umumnya saat ini.

“Kita patut bersyukur, meski ditengah kondisi pandemi Covid-19, semuanya disesuaikan menjadi virtual, Alhamdulillah kita masih mampu mengukir prestasi akademik, dengan masih mampu mempertahankan posisi pertama Perguruan Tinggi swasta terbaik di Provinsi Riau berdasarkan pemeringkatan webometric,” kata Rektor.

Sri Fitria Retnawaty menambahkan, pembelajaran virtual atau online yang dilaksanakan UMRI telah membawa dampak positif bagi para dosen-dosesn dan karyawan UMRI, dimana mereka bisa menjadi lebih kreatif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terkhususnya Mahasiswa.

“Mereka bisa dan lebih banyak yang mampu mengembangkan potensi mereka, terutama dibidang IT ini, sehingga UMRI saat ini terdapat begitu banyak membangun sistem online ini, setidaknya ada 25 sistem, seperti SIAM, SiPaTu dan lainnya,” ungkap Sri.

Sementara Bakaruddin menyebut bahwa tantangan UMRI kedepan adalah bagaimana bisa membangun laboratorium untuk dijadikan sebagai tempat praktikum Mahasiswa dari masing-masing Prodi.

“Dan itu telah masuk dalam perencanaan kita tahun ini, dan semoga kedepan UMRI akan bisa lebih baik, dan maju lagi dengan ketersedia berbagai laboratorium tersebut,” pungkasnya. (ris)

Info UMRI  di : https://umri.ac.id

Baca Juga

Muhaimin Iskandar isi Kuliah Kebangsaan di Umri

Ragamriau.com – Dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, ribuan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau …