Kamis , 20 Juni 2024
Home » hukum » Petugas Gabungan Padamkan Kebakaran Lahan di Pelalawan

Petugas Gabungan Padamkan Kebakaran Lahan di Pelalawan

BPBD gunakan helikopter untuk padamkan lahan terbakar di 3 daerah. foto dokumentasi

Ragam Riau – Petugas gabungan masih berjibaku melakukan upaya pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Pengkalan Gondai, Kecamatan Langgam, Pelalawan, Rabu (20/9/2023).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M. Edi Afrizal mengatakan, api yang melahap lahan di desa tersebut sempat padam pada Selasa (19/9/2023) kemarin. Namun sore hari nya, tiba-tiba angin kencang berhembus hingga api muncul dan membesar kembali.

“Kemarin sebenarnya sudah kondusif, tinggal pendinginan, tiba-tiba ada angin kencang seperti angin puting beliung, selesailah, membesar lagi apinya. Hari ini kawan-kawan masih melakukan pemadaman,” katanya.

Edi mengungkapkan, kebakaran lahan di desa Pengkalan Gondai tersebut meluas hingga masuk ke kawasan konsesi perusahaan. Yakni PT Langgam Inti Hibrindo.

“Sesuai aturan yang ada, dari BNPB, kita tidak diperkenan untuk melakukan operasi water bombing di areal perusahaan, karena itu tanggung jawab perusahaan, jadi untuk Water bombing kita tunda dulu,” katanya.

Pihaknya sudah meminta kepada pihak perusahaan untuk membantu Satgas Karhutla melakukan pemadaman. Sebab api sudah masuk ke area konsesi perusahaan.

“Mereka (pihak perusahaan) sudah menurunkan petugas lebih kurang 200 orang untuk membantu melakukan pemadaman,” ujarnya. (mcr/adv)

Baca Juga

Pemprov Riau Serahkan Hibah Rp31 Miliar untuk Pilkada Gubernur ke Bawaslu

Ragam Riau-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau menerima dana hibah sebesar Rp31 miliar dari Pemerintah …