Minggu , 16 Juni 2024
Home » Pendidikan » PP Muhammadiyah Ingin Lahirkan Auditor Internal dan Ekstrenal

PP Muhammadiyah Ingin Lahirkan Auditor Internal dan Ekstrenal

Ragamriau.com — Pekanbaru — Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah bertekad menciptakan auditor yang sesuai dengan standar, tidak hanya untuk melakukan audit bagi Perguruan Tinggi (PT) di bawah Muhamamdiyah, tapi juga jika dibutuhkan oleh PT diluar Muhamamdiyah, Auditor ini akan siap, karena memiliki legalitas sesuai standar yang ditetapkan pemerintah.

Hal itu ditegaskan Wakil Ketua Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan PP Muhammadiyah Prof Dr H Edy Suandi Hamid M.Ec, saat membuka Pelatihan dan Sertifikasi Auditor Mutu Internal PTMA, Selasa (20/11/18, di Pekanbaru.

Edy menjelaskan, Pelatihan dan Sertifikasi Auditor Mutu Internal ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh PP Muhammadiyah, dan ini diharapkan akan mampu menghasilkan Auditor berkualitas. Karena itulah dihadirkan para narasumber yang ahli dan kompeten dibidangnya yakni tim Asistensi Bidang I Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Dr. Budi Akbar, M.Si (Ketua LPM UHAMKA Jakarta).

“Berikutnya, Dr. Mukti Fajar, MH. (Assesor BAN-PT, Mantan Ketua LPM UMY), lalu Munawwar Khalil, M.Ag. (Direktur Training “Qualita” Yogyakarta, Mantan Ketua LPM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Selanjutnaya, Dr. Suliswiyadi,M.Ag. (Auditor TUV Rheinland Academie GmbH German) dan Dr. Suranto (Assesor BAN-PT dan Ketua LPM UMY),” jelas Edy.

Edy menyebut dalam kegiatan yang berlangsung hingga Jumat 23 November 2018 mendatang tersebut peserta akan mengikuti berbagai tahapan, yakni free test, push test dan terakhir yudisium. Nantinya kata Edy, bisa jadi akan ada peserta yang tidak lulus. Dan ini memang sudah menjadi komitmen PP Muhammadiyah untuk melahirkan Auditor berkelas dan berkualitas.

“Karena itu kepada seluruh peserta kita harapkan bisa mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, dan sekali lagi kita ingin menghasilkan Auditor yang tidak hanya untuk internal kampus, tapi juga Auditor bagi ekternal kampus, bahkan diluar PT dibawah Muhammadiyah, jika ada yang meminta, kita siap,” ungkapnya.

Adapun jumlah peserta dalam kegiatan ini adalah sebanyak 78 orang peserta dari seluruh perguruan tinggi Muhamadiyah se Indonesia di wilayah Barat. Seleksi ketat akan dilakukan terhadap seluruh peserta, bagi peserta yang lolos, nantinya akan mendapatkan sertifikat dari Majelis Diktilitbang PP Muhamadiyah sebagai seorang auditor mutu PTMA. (nik)

Baca Juga

Muhaimin Iskandar isi Kuliah Kebangsaan di Umri

Ragamriau.com – Dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, ribuan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *