Jumat , 25 September 2020
Home » Peristiwa » Saat Khotbah Jumat, Bengkulu Diguncang Gempa 4,3 Skala Richter

Saat Khotbah Jumat, Bengkulu Diguncang Gempa 4,3 Skala Richter


Ilustrasi

Ragamriau.com — Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu Jumat 18 Januari 2019 sekira pukul 12.34 diguncang gempa berkekuatan 4,3 Skala Richter (SR). Gempa yang terjadi saat khotbah Jumat itu tidak begitu dirasakan masyarakat getarannya dan tidak berpotensi tsunami.

PMG Ahli Muda Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Sabar Ardiansyah, menjelaskan kalau gempa yang mengguncang kabupaten berbatasan langsung dengan Provinsi Lampung, ini berada di episenter pada koordinat 5.40 Lintang Selatan (LS) dan 102.57 Bujur Timur (BT), di barat daya Kabupaten Kaur, berjarak sekira 124 kilometer (KM), dengan kedalaman 32 km.

Gempa di wilayah Kaur, dijelaskannya, disebabkan penyusupan Lempeng Indo-Australia di bawah Eurasia yang berada di bawah pulau Sumatera.

Meskipun demikian, masyarakat di Kabupaten Kaur dan sekitarnya, dan masyarakat Provinsi Bengkulu, khususnya diimbau tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khususnya, masyarakat di daerah pesisir Barat Sumatera.

“Di tinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi di Kaur merupakan gempa bumi kategori dangkal,” ujar Sabar seperti dilansir Okezone.com, Jumat 18 Januari 2019.

Sabar juga menambahkan, hingga saat ini belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan. Khusus masyarakat di daerah pesisir Kaur, diimbau agar tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

“Kami mengimbau agar masyarakat tidak terpancing isu. Kami juga mengimbau masyarakat tetap waspada, sebab gempa tidak tahu kapan akan terjadi begitu juga dengan besaran gempa. Gempa di Kaur tidak berpotensi tsunami,” pungkasnya mengingatkan.

Baca Juga

Pesut Sepanjang 2 Meter Berhasil Dievakuasi

RagamRiau-Evakuasi Pesut/lumba-lumba air tawar/Irrawaddy Dolphin (Orcaella brevirostris) di Pelalawan, tepatnya di Desa Segati, Kec. Langgam, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.