Jumat , 30 September 2022
Home » Ekonomi » Sedang Tren Metaverse di Indonesia, Dosen Unilak Pengabdian Dengan Tajuk Metaverse Di SMKN 2 Pinggir

Sedang Tren Metaverse di Indonesia, Dosen Unilak Pengabdian Dengan Tajuk Metaverse Di SMKN 2 Pinggir

Dosen Fasilkom Unilak lakukan pengabdian di SMKN 2 Pinggir

Ragam Riau—Saat ini perkembangan dunia teknologi informasi sangat pesat dari waktu ke waktu terutama di Indonesia. Menjadi salah satu pasar teknologi informasi bagi perusahaan besar di dunia, menjadikan Indonesia selalu mendapat update perkembangan cukup pesat. Utamanya perkembangan dunia virtual atau yang lebih tren METAVERSE, memberikan sensasi berbeda dalam penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Melihat tren yang sedang terjadi pada perkembangan teknologi informasi, dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning yang terdiri atas tim Roki Hardianto, M.Kom, MTA, Fana Wiza, M.Kom, MTA dan Muammar Revnu Ohara, M.I.Kom memberikan pemahaman mengenai perkembangan Metaverse dalam bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat.

 

Pelaksanaannya dilakukan pada 4 Juli 2022 di SMKN 2 Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis kepada siswa-siswi dan guru di sekolah tersebut. Di SMKN 2 Pinggir terdapat beberapa jurusan diantaranya Teknik Audio Video, Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan, Teknik Pengelasan, Teknik Komputer dan Jaringan, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor dan Akuntasi Keuangan dan Lembaga. Diantaranya jurusan tersebut relevan dengan tema Pengabdian Kepada Masyarakat yang diangkat oleh tim Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ilmu Komputer.

“Pengabdian Kepada Masyarakat dilaksanakan di Aula SMKN 2 Pinggir dihadiri oleh siswa-siswi dan guru. Kepada Sekolah Elmi Suhaimi, S.Pd, M.Pd sangat mengapreasiasi kegiatan ini. “Menjadi upgrade pengetahuan kepada Civitas Akademika SMKN 2 Pinggir, terimakasih banyak kepada dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning. Beberapa alumni kami adalah mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komputer, semoga kegiatan ini selalu dilaksanakan di sekolah kami ini”, tutup elmi dalam sambutannya.” Ujar Roki Hardianto.

Daniel salah satu siswa peserta pengabdian mengaku senang dengan kegiatan sharing pengetahuan ini. “Sangat bermanfaat sekali, utamanya di bidang teknologi informasi yang tren pada saat ini”, tuturnya. Hal senada juga di sampaikan oleh Ulva. ” Karena Metaverse kami pernah baca dan lihat di Facebook tetapi tidak memahami maksudnya. Terimakasih kepada Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning telah memberikan pengetahuan yang berharga bagi kami.”

Pada kesempatan ini, juga diberikan pemahaman dan penjelasan tentang jurusan yang ada pada Fakultas Ilmu Komputer ketika akan melanjutkan kuliah di Universitas Lancang Kuning. Saat ini Fakultas Ilmu Komputer memiliki 3 Program Studi yaitu Sistem Informasi, Teknik Informatika dan yang terbaru adalah Bisnis Digital.

 

Baca Juga

Berkat Zakat Masyarakat Siak, Delapan Putra-Putri Terbaik Siak Kuliah di Unilak

Ragam Riau-Baznas Kab Siak dan Pemkab Siak memiliki komitmen yang besar untuk membantu putra-putri asal …