Sabtu , 15 Juni 2024
Home » Ekonomi » Semangat Konservasi Dari Dosen Fahutan Unilak Di Hutan Adat Ghimbo Pomuan

Semangat Konservasi Dari Dosen Fahutan Unilak Di Hutan Adat Ghimbo Pomuan

Semangat konservasi dari dosen Fahutan Unilak

 

Ragam Riau—Dosen Fakultas Kehutanan Universitas Lancang Kuning (Fahutan Unilak) mengadakan kegiatan pelatihan teknik budidaya anakan tanaman lokal spesies untuk rehabilitasi Hutan Adat Ghimbo Pomuan kepada masyarakat sekitar melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 21 Juni 2022 lalu. Sasaran kita adalah masyarakat sekitar Hutan Adat Ghimbo Pomuan, Kampar Riau. Kegiatan ini  terselenggara atas dukungan dari Universitas Lancang Kuning melalui LPPM Unilak setiap tahun.  Dosen Fakultas kehutanan Unilak yang terlibat diantaranya Dr. Ir Anna Juliarti sebagai ketua tim yang didampingi oleh Dr. Rina Novia Yanti dan Dodi Sukma, M.Si.

Dikatakan Anna Juliarti (Ketua tim) bahwa kegiatan pelatihan teknik budidaya tanaman lokal menjadi penting mengingat bahwa Hutan Adat Hgimbo Pomuan sudah banyak yang terbuka akibat beberapa pohon yang tumbang secara alami.

“Keterbukaan spot-spot areal hutan menyebabkan terjandinya erosi dan degradasi hutan.  Sehingga perlu upaya untuk menutupi areal terbuka dengan revegetasi anakan lokal yang sudah tersedi di alam.” ujar Anna

Selanjutnya Rina menambahkan bahwa masyarakat sekitar Hutan Adat Ghimbo Pomuan perlu diberi bekal mengenai cara/ teknik mengambil cabutan atau anakan alam secara tepat dan benar.  Tujuannya agar masyarakat mampu mengambi anakan dengan teknik yang baik dan memindahkan tanaman lokal pada areal-areal yang terbuka.

” Harapanya pada kegiatan ini adalah masyarakat sekitar mempunyai kepekaan terhadap Hutan Adat tersebut, memelihara, cinta pada alam sehingga Hutan Adat Ghimbo Pomuan dapat terjaga kelestarian, keindahan, dan keanekaragaman hayati.  Masyarakat sangat antusias mengikuti pelatihan ditandai dengan banyaknya peserta lebih dari 30 orang.  Ke depan bahwa masyarakat adat sekitar ingin diberikan ilmu dan pengetahuan tentang cara mengokulasi tanaman buah dan pembuatan kompos,” ujar Anna yang konsisten membantu pemberdayaan masyarakat ini.(rls)

 

Baca Juga

Muhaimin Iskandar isi Kuliah Kebangsaan di Umri

Ragamriau.com – Dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, ribuan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau …