Kamis , 23 Mei 2024
Home » Ekonomi » Tim BKSDA Bersama Warga Selamatkan Tapir Yang Terjebak di Kolam Ikan

Tim BKSDA Bersama Warga Selamatkan Tapir Yang Terjebak di Kolam Ikan

Tapir terjebak di Kolam warga

Ragam Riau–  Tim Balai Besar KSDA Riau bersama dengan warga, TNI-Polri  berhasil menyelamatkan Tapir yang terjebak di kolam ikan warga di jalan Garuda Sakti,Pekanbaru, Selasa lalu. 20/04/2021). Informasi terjebaknya tapir bermula dari laporan dari masyarakat tentang adanya satwa liar dilindungi Tapir yang terjebak masuk dalam kolam ikan di perumahan yang terletak di Kelurahan Air Putih, Kec Tuah Madani,

Kemudian Tim Rescue bergerak cepat, segera diturunkan untuk melakukan evakuasi, saat evakuasi, tim juga membawa kandang, dan dokter  dan tim medis. Menurut kepala Balai Besar KSDA Suharyono, Tapir terjebak di kolam ikan semen berukuran sekitar 5 x 6 m dengan kedalaman sekitar 170 cm yang sedang dikosongkan namun dipenuhi air.

“Kolam ikan milik warga bernama ibu Juleha yang berada diperumahan dan bersebelahan dengan kebun sawit yang tidak begitu luas namun terdapat aliran sungai kecil.” ujar Suharyono.

dijelaskan Haronyono, berdasarkan keterangan pemilik kolam, sekitar pukul 12 siang pemilik kolam (Juleha) mendengar bunyi yang sangat keras dan begitu dilihatnya ada Tapir masuk ke dalam kolam ikan miliknya. “Kemungkinan Tapir sedang mencari makan di kebun dekat kolamnya dan terjerembab masuk dalam kolam tersebut.”

Tim Balai Besar KSDA Riau bersama dengan warga perumahan, aparat desa, Polisi dan Babhinsa berusaha melakukan evakuasi. Proses evakuasi berjalan cukup sulit dikarenakan Tapir dengan bobot lumayan berat tersebut berada pada kolam air.

Dalam evakuasi, tim juga melakukan pembiusan dengan dosis maksimal namun belum memberikan efek yang sempurna, setelah berlangsung lebih dari dua jam, kandang evakuasi dimasukkan kedalam kolang agar tapir di giring masuk ke kandang, sekitar pukul 18.45 wib Tapir masuk ke dalam kandang evakuasi.

“Untuk proses pemulihan dan observasi oleh Tim medis Balai Besar KSDA Riau, Tapir tersebut sementara dititipkan ke Lembaga Konservasi Kasang Kulim mengingat keterbatasan kandang di klinik transit satwa Balai Besar KSDA Riau.” sebut Suharyono.

Baca Juga

Muhaimin Iskandar isi Kuliah Kebangsaan di Umri

Ragamriau.com – Dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, ribuan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau …