Sabtu , 13 Juli 2024
Home » Ekonomi » Tim Dosen Unilak Bantu Guru dan Siswa SMK Tentang Komputer Akutansi

Tim Dosen Unilak Bantu Guru dan Siswa SMK Tentang Komputer Akutansi

Di masa pandemi Tim Dosen Unilak gelar pelatihan Akutansi Komputer bagi siswa dan guru SMK Perpajakan.

Ragam Riau – Unilak-Adanya pandemi corona tidak menjadi halangan untuk dapat memberikan pelatihan kepada siswa, memanfaatkan teknologi / aplikasi zoom dosen universitas lancang kuning mengadakan pelatihan komputer akutansi LM pada guru dan siswa jurusan akutansi SMK perpajakan Riau Oktober lalu. Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat dan peningkatan Tri Dharma perguruan dosen Unilak.

Tim dosen yang terlibat yaitu, Reni F arwitawati, SE, M.Ak  dan Masirun, SE, M.Si. Menurut Reni, Sabtu,(7/11), di sekolah ini belum ada guru yang bisa mengajarkan komputer akuntansi seperti mind your own business (MYOB) dan zahir accounting padahal sekolah ini memiliki labor komputer yang cukup bagus dan lengkap.

“Maka dari itu kami ingin membantu mengajarkan komputer akuntansi untuk siswa-siswi jurusan perbankan dan akuntansi di SMK Perpajakan ini agar mereka bisa menguasai komputer akuntansi sebagai bekal mereka masuk ke dunia kerja, ” Ujar Reni.

Dijelaskannya, pelaksanaan kegiatan dilakukan secara daring, ada sekitar 40 peserta terdiri dari siswa dan guru yang ikut pelatihan. Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar meski tidak bisa dilaksanakan lebih maksimal pada materi praktek komputer akuntansi karena daring.

Kegiatan secara daring ini sambut baik oleh kepala sekolah SMK Perpajakan Dr. Decky Saputra, M.Pd.I menurutnya, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk guru dan siswa-siswa kami terutama siswa jurusan akuntansi karena keahlian komputer akuntansi sangat dibutuhkan didunia kerja saat ini.

Dalam pemaparannya via zoom ini, Reni menyampaikan di era revolusi industri 4.0, komputasi dalam dunia akuntansi sedang berkembang pesat. Keahlian dibidang ini juga sangat dibutuhkan guna menjadi nilai tambah untuk memenangkan persaingan dalam dunia kerja. Semua sektor atau bidang pekerjaan membutuhkan tenaga yang terampil dalam menggunakan komputer tanpa terkecuali bidang akuntansi. ujar Reni yang sering memberikan pelatihan kepada siswa dan guru ini.

Diceritakan Reni, kegiatan pengabdian ini juga menjadi media promosi bagi Unilak khususnya prodi akuntansi telah memperoleh akreditasi A dari BAN-PT dan memiliki tenaga pengajar yang mempunyai mutu dan kualitas mengajar sangat baik. Sehingga siswa-siswi SMK dan SMA yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dapat memilih Unilak, ” Mengingat SMK Perpajakan saat ini memiliki siswa-siswi kelas 3 sebanyak 125 orang yang lulus pada tahun ini, sehingga setelah selesai merak bisa lanjut ke Unilak. “

Baca Juga

Muhaimin Iskandar isi Kuliah Kebangsaan di Umri

Ragamriau.com – Dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, ribuan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau …