Kamis , 23 Mei 2024
Home » Ekonomi » Tingkatkan Kualitas Pendidikan, FH Unilak MoA Dengan KPU Riau

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, FH Unilak MoA Dengan KPU Riau

FH Unilak MoA dengan KPU Riau

Bertempat di lantai III Rektorat,  Fakultas Hukum Unilak melaksanakan MOA ( Memorandum of Agreement) yang dilakukan oleh Dekan Dr. Fahmi.SH.MH dengan Sekretaris KPU Riau, Drs.Rudinal. Sebelum pelaksanaan MOA terlebih dahulu dilakukan MoU ( Memorandum of Understanding ) antara Rektor Unilak dengan Ketua KPU Riau. Selasa (7/04/2020). Selain dengan fakultas hukum MOA juga dilakukan dengan fakultas Ilmu Administrasi.

Dr.Fahmi saat ditemui mengatakan, penandatangan ini merupakan salah bentuk wujud partisipasi kampus dalam mengawal pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 di 9 Kabupaten/ kota di Riau,,sehingga Pilkada yg akan dilaksanakan berjalan secara JURDIL dan berkualitas yg menghasilkan pemimpin daerah yg berkualitas dan berintegritas .Kerjasama ini diwujudkan dalam seminar bersama,sosialisasi dan peran aktif mahasiswa dalam pengawasan tahapan Pilkada.

Untuk penandatanganan MoU dilakukan langsung rektor Dr.Junaidi.SS.M.Hum dan Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir. SH. Sementara itu Rektor Unilak Dr.Junaidi mengatakan, kegiatan ini merupakan penguat hubungan antara KPU dan Lancang Kuning,  jadi mitra.  Tentu saja,  imbuh Junaidi,  pihaknya  mendukung kegiatan yang dilaksanakan kpu.   “Dan saya mendorong fakultas hukum dan fia sinergi mendukung kebijakan kpu.  Saya kira kita perlu mendukung kpu dengan kemampuan kita di perguruan tinggi,” ujarnya.

Terkait corona tentu akan berimbas,  namun perlu disiasati dan Unilak  akan terus membuka diri untuk melakukan kegiatan bersama KPU. sebut Rektor.

Ditempat yang sama, ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir menyatakan,  ini merupakan rangkaian kegiatan MoU dan MoA yang tertunda sejak sebulan lalu.  Pihaknya  kata Ilham,  sudah aktif dengan unilak menjalin Kerjasama secara pribadi dengan Rektor Dr junaidi.   “namun bersifat pribadi diminta bantuan.  Dari sini maka kami perlu kerja sama dengan unilak sebagai stakeholder strategis.  Perguruan tinggi memiliki peran penting selain dengan pemda dan kepolisian,  hanya saja kondisi saat ini terkait corona,  sehingga akan berimbas kepada penundaan pilkada 2020,” ujar Ilham.

Dijelaskan Ilham, kerjasama dengan Unilak telah sering dilakukan dan saat ini kerjasama memperkuat Tri Darma Perguruan Tinggi, contohnya bisa dengan penelitian di KPU, berbagi soal data, dan penerimaan mahasiswa magang di KPU.  “mahasiswa,dosen  bisa melakukan penelitian di KPU,  Unilak pro aktif” Sebut Ilham.

Hadir dalam kesempatan ini Wakil Rektor III Unilak Dr Bagio Kadaryanto,  dekan III Fakultas hukum Irfansyah dan wakil dekan I FIA Khuriyatul Husna,  wakil dekan II Sri roserdevi Nasution dan wakil dekan III Sudaryanto serta ketua program studi administrasi negara Harsini dan dilanjutkan foto bersama.(rilis)

FH Unilak MoA dengan KPU Riau

Baca Juga

Muhaimin Iskandar isi Kuliah Kebangsaan di Umri

Ragamriau.com – Dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, ribuan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau …