Kamis , 23 Mei 2024
Home » Ekonomi » Tingkatkan SDM dan Manajerial, Tim Dosen Fahutan Unilak Bantu Pengelola Bank Sampah

Tingkatkan SDM dan Manajerial, Tim Dosen Fahutan Unilak Bantu Pengelola Bank Sampah

Dosen Fahutan Unilak Bantu Masyarakat

Ragam Riau–Sampah merupakan masalah umum yang dialami di kota besar begitu juga kota Pekanbaru. Setiap aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat menghasilkan sampah yang dapat mengurangi kualitas lingkungan.

Dengan kondisi ini, sekelompok masyarakat mulai sadar agar pengolahan sampah dapat dilakukan secara komprehensif  dan terpadu dari  hulu ke hilir sehingga sampah memberi nilai ekonomi, nilai kesehatan bagi masyarakat dan  aman bagi lingkungan melalui bank sampah.

Bank Sampah Berkah Abadi yang dimiliki oleh Hasnam Said, salah satu bank sampah yang ada di Kelurahan Limbungan.  Berdiri di atas lahan hibah seluas 300 m2 dan dibangun oleh dinas PUPR tahun anggaran  2015 dengan luas hangar 120 m2 dan bangunan 40 m2. Bank sampah  dilengkapi dengan  berbagai  jenis mesin dan peralatan  administrasi yang diperoleh dari Program Bank Sampah PT. CPI dan Unilak.

Dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) bagi pengelola bank sampah Berkah Abadi, maka dosen Fakultas Kehutanan Universitas Lancang Lancang Kuning yang di ketuai oleh Ir. Emy Sadjati, MSi., dengan anggota Ambar Tri Ratnaningsih, S.Hut., M.Si., dan Enny Insusanty S.Hut., M.Si. melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bulan April dan Juni 2021.

” Dalam kegiatan ini dilakukan pelatihan  pengetahuan manajeril dan penguatan organisasi kepada pengelolaan bank sampah sehinga masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam kegiatan menabung sampah agar kualitas lingkungan tetap terjaga.” Ujar Emy, Senin (21/06/2021).

Dijelaskan Emy, tim dari Fakultas Kehutanan melakukan pengembangan kemampuan SDM sesuai dengan potensi yang dimilikinya disamping itu dilakukan penguatan organisasi untuk meningkatkan efesiensi dan efektivitas organisasi secara proposional sesuai dengan kebutuhan pelaksanaan tugas masing-masing.

Menurut Emy, Pengelola (Hasnam Said) Bank Sampah Abadi merasakan manfaat dari kegiatan pengabdian kepada masyarakan ini.  ” Saat kegiatan itu pengelola bank sampah antusias menyusun perangkat organisasi dan administrasi yang memudahkan bagi nasabah untuk menabung di Bank Sampah Berkah Abadi.”

Baca Juga

Muhaimin Iskandar isi Kuliah Kebangsaan di Umri

Ragamriau.com – Dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, ribuan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau …