Minggu , 16 Juni 2024
Home » Pendidikan » UMRI akan Berlakukan Hari Berpakaian Melayu Lengkap

UMRI akan Berlakukan Hari Berpakaian Melayu Lengkap


Ragamriau.com — Sebagai bagian dari upaya untuk terus menjaga hasanah kebudayaan Melayu, Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) akan memberlakukan satu hari berpakaian Melayu lengkap dilingkungan kampus.

Hal itu disampaikan Rektor UMRI Dr H Mubarak MSi usai menerima penghargaan dari MURI sebagai pembuat Tanjak terbesar di Indonesia, Ahad 31 Maret 2019. “Menjaga dan melestarikan budaya Melayu ini, tidak akan hanya sampai disini atau sampai pada pembuatan Tanjak terbesar di Indonesia ini saja, kita akan memberlakukan memakai pakjaian Melayu lengkap di kampus ini,” kata Rektor.

Pakaian Malyu lengkap tersebut menurut Rektor adalah pakaian, tanjak dan selempang. Dan khusus untuk pakaian, Dia bertekad akan menggunakan baju Melayu yang asli, atau sesuai dengan yang selalu dikenakan para pengurus Lembaga Adat Melayu (LAM). Karena yang ada saat ini menurutnya sudah banyak yang di’modifikasi’.

“Kita ingin yang asli atau tidak seperti yang kebanyakan dipakai saat ini, itu sudah domodifikasi, kita akan awali itu dilingkungan kampus UMRI,” tegas rektor.

Kapan hal itu akan diimplementasikan atau diterapkan, rektor menyebut akan pertama kali digunakan pada kegiatan wisuda mahasiswa UMRI pada Juni mendatang. “Insya Allah Juni mendatang pas saat wisuda, itulah hari launchingnya,” pungkas Rektor.

Penghargaan MURI

Dengan Tinggi 4 meter dan berdiamer 6 Meter, UMRI terima penghargaan dari Musem Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk kategori Tanjak terbesar di Indonesia.

Penyerahan piagam rekor MURI itu diserahkan Awan Rahargo dari MURI, kepada Rektor UMRI Dr MUbarak MSi, sekaligus pembukaan kegiatan Pekan budaya dan wirausaha sempena Milad ke 11 UMRI tahun 2019, di halaman kampus 2 UMRI jalan Tuanku Tambusai ujung Pekanbaru.

Awan Rahargo menjelaskan, pemberian rekor MURI kepada UMRI yang mambuat reflika Tanjak bernama Tebing Runtuh tersebut sudah sesuai dengan kriteria pemberian penghargaan yakni dalam membuat objek yang luar biasa.

“MURI itu memberikan penghargaan dalam bentuk kegiatan yang terukur, seperti melaksnakan kegiatan dengan jumlah yang terlibat sangat banyak, membuat sesuatu yang unik, dan UMRI ini adalah membuat suatu objek yang cukup besar dan ini baru pertama di Indonesia, makanya hari ini kita menyerahkan penghargaan atau piagam Rekor MURI bernomor 8940 untuk UMRI,”pungkasnya. (nr)

Baca Juga

Muhaimin Iskandar isi Kuliah Kebangsaan di Umri

Ragamriau.com – Dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, ribuan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau …