Sabtu , 13 Juli 2024
Home » Uncategorized » Unilak Gelar LKBB Tingkat SMA Sederajat se Sumatera

Unilak Gelar LKBB Tingkat SMA Sederajat se Sumatera

RAGAM RIAU-PEKANBARU:-Tingkatkan keterampilan pelajar dalam baris berbaris, serta mendukung program Indonesia Emas 2024, Universitas Lancang Kuning Riau (Unilak) menggelar Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBB) tingkat SMA sederajat se Sumatra, Selasa, 23 Jan 2024.

Kegiatan LKBB telah dilaksanakan 3 tahun berturut turut setjak tahun 2021, dan tahun 2024 lomba diperluas di laksanakan se Sumatra. Sebagaimana diketahui Indonesia emas merupakan bonus demograsi dimana populasi penduduk Indonesi usia produktif mencapai 60 persen dari total penduduk.

Kegiatan dibuka oleh Gubernur Riau yang diwakili oleh Kepala Kesbangpol Provinsi Riau Jenri Salmon Ginting, AP, M.Si , turut hadir Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Riau, hadir Wakil Rektor I Unilak Dr Zamzami.M.Kom, Wakil Rektor II Dr. Jeni Wardi, SE AK CA M.AK,  Wakil Rektor III Dr Hardi SE MM, dan dekan se lingkungan Unilak.

Disebutkan Kepala Kesbangpol, peserta lomba adalah siswa-siswi pilihan dari sekolah masing-masing yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dan integritas sebagai bagian dari nilai kepribadian dan karakter profil pelajar Indonesia. Tujuan LKBB ini antara memperkuat sikap jasmani yang tegap, tangkas rasa, tanggung jawab.

“Kemudian menumbuhkan rasa persatuan yakni rasa senasib dan sepenanggungan serta ikatan yang terjalin diperlukan untuk menjalankan tugas yang dapat menumbuhkan sikap disiplin artinya mengutamakan kepentingan tugas dibanding kepentingannya sendiri, rasa disiplin yang tinggi. Memperkuat kerjasama, ide, dan kreatifitas,” ujar Jenri Salmon Ginting, AP, M.Si

Ditambahkannya, bahwa generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa di masa depan diharapkan dapat digunakan untuk menggalang persatuan persaudaraan dan rasa sportivitas generasi muda terutama di kalangan generasi muda bangsa sebagai tonggak penerus perjuangan mengisi kemerdekaan serta menanamkan rasa cinta tanah air dan bangsa.

Sementara itu Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan kerjasama Dr Hardi SE MM, menyampaikan bahwa kegiatan LKBB ini merupakan bentuk komitmen Unilak sebagai perguruan tinggi di Indonesia untuk turut menciptakan generasi muda unggul, dan tangguh. Anak anak kita yang saat ini adalah pelajar adalah mereka akan menjadi bagian dari bonus demograsi Indonesia emas tahun 2024, usia produktif akan berjumlah lebih dari separoh total pendudukan Indonesia, maka di tahun ini kita latih mereka tentang disiplin, persatuan kesatuan, bela negara, cinta tanah air, mandiri, serta kebersamaan. Karena saat ini tantangan generasi muda berat, kita tidak ingin mereka menjadi generasi generasi lemah, generasi yang terlibat narkoba, yang terlibat akan kenakalan remaja, dan LKBB ini adalah ruang kreasi para pelajar di Sumatra.

Sementara itu Kabag Media Promosi Unilak M Revnu Ohara, mengucapkan terima kasih atas dukungan pimpinan Unilak, Forkompinda, para juri dari TNI POlri, dan para mitar yang telah bekerja sama dan membantu kegiatan lomba LKBB ini.

” Ini juga bagian dari promosi Unilak kepada para pelajar, sehingga ketika mereka slesai kuliah mereka dapat masuk ke Unilak, kuliah di Unilak, “ujar M Revnu.

Kegiatan LKBB berlangsung selama satu hari diikuti sekitar, 1000 siswa, 48 tim, dari 25 sekolah di Riau dan sumatra. Kegiatan lomba dibagi dalam dua kategori, peserta LKBB Liga 1 merupakan tim yang telah pernah juara diajang yang sama, kemudian peserta Liga 2 diikuti oleh tim yang baru pertama kali ikut lomba atau belum pernah juara, Unilak menyediakan lebih dari 50 pemenang.

Baca Juga

KPU Riau Tutup Pendaftaran, Pilgubri Tidak Ada Calon Perorangan

Ragam Riau-Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau secara resmi  menutup penyerahan dokumen syarat dukungan …