Kamis , 23 Mei 2024
Home » Pendidikan » Unisi Inhil Teken Kerja Sama dengan Unilak Riau, Ini Tujuannya

Unisi Inhil Teken Kerja Sama dengan Unilak Riau, Ini Tujuannya

Ragam Riau-Universitas Islam Indragiri Hilir (Unisi) melakukan kerja sama dengan Universitas Lancang Kuning Riau (Unilak). Penandatanganan kerja sama dituangkan dalam Memoroundum Of Understanding (MoU) dilakukan oleh Rektor Unisi Dr Najamuddin dengan Rektor Unilak Prof Dr Junaidi, di Gedung Rektorat Unilak, Selasa (3/10/2023).

Selain dilakukan penandatangan MoU juga dilakukan penandatanganan Memoroundum Of Agreement (MoA) antara Wakil Rektor I, II, III Unilak dengan Wakil Rektor I, II, III Unisi.

Rektor Unisi dalam sambutannya menyebutkan bahwa sesama perguruan tinggi yang berada di Bumi Melayu  berkomitmen untuk memajukan kualitas pendidikan di Riau, Unisi berada di Inhil, Unilak berada di pusat ibu kota Provinsi Riau.

“Ini pertama kalinya kami hadir di Unilak dan turut serta jajaran Wakil Rektor. Jika dilihat dalam sejarahnya Unilak dan Unisi memiliki kesamaan dalam proses pendirian, diinisiasi dari pemerintah, tentu kami juga ingin belajar dalam tata kelola perguruan tinggi. Kami saat ini melihat dan mendengar banyak kemajuan di Unilak, baik dalam tata kelola, hibah, jurnal, dan program MBKM, tentunya kami ingin juga belajar bagaimana kiranya bisa banyak mendapatkan hibah,” ucap Dr Najamuddin.

Sementara itu Rektor Unilak Prof Dr Junaidi mengucapkan selamat datang di Unilak, pihaknya meyambut baik dan siap untuk memajukan pendidikan di Riau dan Indonesia.

Disebutkan Prof Junaidi bahwa diawal pendirian Unilak memang diinisiasi oleh Pemda Riau dan tokoh tokoh Riau untuk memajukan dunia pendidikan bagi masyarakat Riau.

“Sejak beberapa tahun lalu dalam perjalanannya Unilak telah mandiri dan dibawah naungan yayasan Pendidikan Raja Ali Haji, artinya menjadi perguruan tinggi swasta,” ucapnya.

Dijelaskan dia, Unilak dalam beberapa tahun ini memang berhasil meraih hibah dari Dikti, diawal-awal pengajuan proposal hibah memang ditolak. Namun, seiring waktu, Unilak telah memiliki tim/unit khusus bagaimana untuk menggesa mengikuti program-program dari Dikti sehingga dapat diambil, dan diterapkan selaras di Unilak.

“Kami juga mengundang narasumber dari kampus-kampus lain untuk belajar dan memberi pendampingan ke Unilak. Seperti Hibah PKKM, Hibah ISS, hibah MBKM, Hibah RPL, itu merupakan hasil kerja unit khusus dan para dosen, Dan alhamdulillah Unilak memperolehnya dan memang sangat membantu,” ucap Prof Junaidi.

Ia berujar, bahwa perguruan tinggi harus memiliki unit atau organisasi khusus dalam mengikuti dan melaksanakan program yang diadakan Dikti, memang beberapa kampus beda nama unit/lembaganya, namun tujuan sama.

“Seperti program MBKM, magang bersertifikat, magang dunia industri dll, itu semua memang harus dilakukan cepat, adanya unit khusus ini memudahkan di internal Unilak untuk koordinasi, singkronisasi antara Universitas fakultas dan Prodi,” ujarnya.

Disebutkan ketua Dewan Pendidkan Riau itu, bahwa saat ini Unilak telah memiliki Prodi S1 sebanyak 28, dan 4 Prodi S2. Dalam dua tahun kebelakang Unilak telah mendirikan 12 Prodi baru, tentu ini dilakukan dalam upaya memfasilitasi kebutuhan masyarakat dalam bidang keilmuan dan peminatan.

“Mudah-mudahan berdiri Prodi S3 Manajemen Unilak,” harapnya.

Pertemuan berlangsung selama lebih dari 2 jam, dialog dan pertanyaan dari para pimpinan Unilak dan Unisi mengiri pertemuan dua kampus di Riau ini. Diskusi diiringi dengan canda tawa, beberapa topik utama terkait dengan tata kelola, hibah, dan pelatihan.

Di akhir pertemuan, Rektor Unisi mengucapkan terima kasih kepada Unilak, jika ada pelatihan bagi dosen dalam pengembangan tata kelola kami berharap dapat mengikutinya.

Sementara itu, Prof Junaidi siap membantu Unisi, jika diperlukan sdm Unilak siap untuk hadir di Tembilahan untuk berbagi cerita dan pengalaman. Pertemuan ditutup dengan foto bersama dan pertukaran cendramata(mcr/ddk)

Baca Juga

Muhaimin Iskandar isi Kuliah Kebangsaan di Umri

Ragamriau.com – Dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, ribuan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau …