Sabtu , 13 Juli 2024
Home » Pendidikan » Waw..! 18 Proposal Mahasiswa UNRI Lolos Program P2MW

Waw..! 18 Proposal Mahasiswa UNRI Lolos Program P2MW

Ragamriau.com — Sebanyak 18 proposal usaha garapan mahasiswa Universitas Riau (UNRI) dalam Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) 2023 lolos mendapatkan pendanaan. UNRI merupakan Perguruan Tinggi yang menempati peringkat pertama nasional terbanyak penerima bantuan Program P2MW 2023 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswan dan Alumni UNRI Dr Hermandra MA, menuturkan P2MW merupakan program pengembangan usaha mahasiswa dengan cara memberikan bantuan dana pengembangan serta pendampingan dan pelatihan kepada mahasiswa peserta P2MW.

“Kemendikbud melalui Ditjen Diktiristek melaksanakan P2MW untuk mencetak mahasiswa wirausaha dan penguatan ekosistem kewirausahaan di Perguruan Tinggi, ujarnya kepada redaksi unrinews. Rabu (21/06/2023).

Pada tahun 2023 ini terdapat dua kriteria usaha baru yaitu bisnis digital dan manufaktur guna mendukung minat mahasiswa berperan serta mendorong digitalisasi dan peningkatan ekspor di Indonesia.

Lebih lanjut, Hermandra menyampaikan Program ini diharapkan dapat mendorong lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia dan lulusan yang bukan hanya sebagai pencari kerja (job seeker) namun sebagai pencetak lapangan kerja (job creator) sehingga berdampak terhadap penambahan keterserapan pengangguran terdidik.

Mahasiswa yang mengikuti program P2MW tahun ini sebagian besar mahaiswa yang telah mengikuti program wirausa merdeka tahun 2022. membuktika pesat ekositem wirausaha di UNRI.

Melalui 18 proposal yang diajukan UNRI melalui Enam kategori usaha yang disediakan sebayak lima kategori usaha P2MW yang berhasil lolos seluruhnya. Antara lain, kategori usaha Budidaya, Kategori jasa dan perdagangan, kategori manufaktur dan teknologi terapan, kategori industri kreatif, seni, budaya, dan pariwisata, serta ketegori makanan dan minuman, ucapnya.

Oleh karena itu, Bagi mahasiswa UNRI yang sedang merintis usaha, jangan lewatkan kesempatan untuk mengikuti Program P2MW yang digelar Kemendikbud Ristek ini, ujarnya.

Selamat kepada mahasiswa yang telah berhasil mendapatkan bantuan, selanjutnya persiapkan diri untuk mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) pelaksanaan P2MW 2023. yang akan diinformasikan melaui laman https://kesejahteraan.kemdikbud.go.id/p2mw

Terkait penerima bantuan program P2MW 2023 ini, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswan telah melakukan seleksi subtansi dan justifikasi anggaran yang telah diajukan oleh perguruan tinggi dan mahasiswa yang telah lolos seleksi bantuan peningkatan ekosistem wirausaha di perguruan tinggi melalui P2MW 2023.**

Baca Juga

Muhaimin Iskandar isi Kuliah Kebangsaan di Umri

Ragamriau.com – Dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, ribuan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau …