Kamis , 23 Mei 2024
Home » Ekonomi » Wiriyanto Aswir Raih Penghargaan Kepemimpinan Hijau Indonesia

Wiriyanto Aswir Raih Penghargaan Kepemimpinan Hijau Indonesia

Ragam Riau—Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Lancang Kuning Pekanbaru, Wiriyanto Aswir meraih penghargaan sebagai peserta terbaik angkatan pertama tahun 2021 pada program Greeen Leadhership Indonesia (GLI).

Kegiatan tersebut ditaja oleh Institute Hijau Indonesia. Peserta program GLI ini berasal dari seluruh Indonesia. Diikuti 300 peserta hingga lolos menjadi 118 peserta.

Selama mengikuti program ini peserta mendapatkan berbagai materi pelatihan. Di antaranya tentang masa depan Indonesia, lingkungan, penegakan hukum, keadilan ekonomi, dan juga diberikan peningkatan keterampilan menulis, pembuatan reportase, keterampilan, dan dasar kepemimpinan.

Atas pencapaian ini Wiriyanto mendapatkan piagam penghargaan dari Menteri LHK Dr Siti Nurbaya. Pelaksanaan wisuda dan pemberian penghargaan dilakukan di Jakarta di Auditorium KLHK 15 Desember lalu.

Wiriyanto merasa senang dapat penghargaan dan berjumpa langsung dengan Menteri. Kegiatan ini diadakan oleh Institute Hijau Indonesia yang menaja program Green Leadership Indonesia yang diinisiasai oleh Walhi, Huma dan KNTI.

Wiriyanto menceritakan keikutsertaannya, dikatakanya lulus melalui seleksi tahap awal kelas untuk mempersiapkan pemimpin muda yang berperspektif hijau mewujudkan keadilan sosial dan keadilan lingkungan yang dilaksanakan selama 6 bulan.

“Dari 300 peserta yang lolos tahap awal kemudian diseleksi menjadi 118 orang yang diwisuda puncaknya terpilih peserta terbaik melalui penilaian dari penyelenggara dan langsung diwisuda oleh bu Menteri,”

Sementara itu, Menteri KLHK Dr. Siti Nurbaya menyampaikan, apresiasi atas prakarsa yang penting, yaitu Green Leadership Indonesia. Pemuda dalam konteks lingkungan, di mana setiap warga negara berperan aktif dan mengambil peran, terutama pemuda sebagai penggerak, dalam upaya menciptakan lingkungan hidup yang baik dan sehat.

Green Leadership (Kepemimpinan Hijau) adalah kemampuan dari seorang individu pemimpin, dalam menentukan kebijakan yang pro lingkungan. Juga dapat mempengaruhi serta memobilisasi individu lain dalam organisasi untuk mendukung dan mengimplementasikan kebijakan pro lingkungan tersebut.

“Generasi muda menjadi potensi strategis dalam membangun dan menjaga lingkungan hidup. Sebagai generasi muda yang mencintai dan melestarikan alam. sekitar,berarti juga perwujudan nyata dalam mensyukuri anugerah Tuhan yang amat bernilai bagi kehidupan,” sebut Dr. Siti Nurbaya.

Baca Juga

Muhaimin Iskandar isi Kuliah Kebangsaan di Umri

Ragamriau.com – Dihadiri Wakil Ketua DPR RI, Muhaimin Iskandar, ribuan civitas akademika Universitas Muhammadiyah Riau …