Minggu , 26 September 2021
Home » Ekonomi » Di Teluk Lanus Kab Siak, Dua Ekor Kambing Di Mangsa Harimau

Di Teluk Lanus Kab Siak, Dua Ekor Kambing Di Mangsa Harimau

Ragam Riau–Harimau Sumatera kembali muncul di Dusun Tiga Desa Teluk Lanus Kab Siak. Kemunculan Harimau pertama kali oleh penghulu Kampung pada hari Sabtu tanggal 26 Juni 2021. Menurut laporan Penghulu/Kepala Desa, korban serangan binatang buas, berupa 2 ekor kambing yang berada kandang pada 2 lokasi yang berbeda.

Menurut Kepala Bidang KSDA Wilayah II Heru Sutmantoro Minggu, (27/06/2021), berdasarkan pengamatan dari foto jejak, dipastikan binatang buas yang menyerang ternak warga tersebut adalah Harimau Sumatera dan diperkirakan 1 individu.

Dijelaskanya pihak Balai Besar KSDA Riau telah berkomunikasi secara intens dengan perangkat desa setempat dan sebagai tindak lanjut laporan tersebut Balai Besar KSDA Riau, menurunkan Tim Wildlife Respon Unit ke lokasi pada hari Minggu, 27 Juni 2021.

“Diperkirakan Tim tiba di lokasi malam hari. Tim akan melakukan pengumpulan bukti dan keterangan di tempat kejadian, pemasangan kamera trap, sosialisasi ke warga dan pemasangan rambu rambu peringatan. Upaya tindak lanjut menunggu hasil kamera trap dan perkembangan di lapangan.” Ujar Heru.

Berdasarkan foto foto yang beredar, Harimau memakan bagian ekor kambing sampai ke tulang pinggul, sementara kandang kambing yang terbuat dari kayu tampak patah.

Beberapa bulan sebelumnya Harimau sumatera juga muncul dan sempat viral di grup grup WA, Harimau Sumatera itu juga memangsa ayam,. “Sehubungan dengan satu lanskap dan rangenya bisa sampai 1590 Km 2, sangat dimungkinkan individu ( Harimau di Teluk Lanus ) yang sama dengan video sebelumnya. ” ujar Heru (rls)

 

Baca Juga

Satgas Covid 19: PTM Harus Mengutamakan Kesehatan dan Keselamatan Peserta Didik

Ragam Riau– Satgas Penanganan COVID-19 meminta satuan pendidikan menyelenggarakan pembelajaran tatap muka (PTM) secara hati-hati. …